Interaksi Manusia dengan Lingkungan (Halaman 29 - 30)

Perhatikanlah lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Berdasarkan keterangan pada bacaan di atas tentang interaksi manusia dengan lingkungannya, cobalah lakukan pengamatan terhadap lingkungan di sekitarmu. Gunakan pertanyaan berikut ini sebagai panduanmu.
1. Bagaimanakah kondisi geografis lingkungan di daerah tempat tinggalmu? Apakah termasuk daerah pantai, pegunungan, atau dataran?
 
Pilih salah satu sesuai tempat tinggalmu.

2. Apa pekerjaan utama orang-orang di sekitarmu?

Tempat Tinggal         Pekerjaan Utama Penduduk
Pegunungan              Petani
Dataran Tinggi          Petani
Dataran Rendah        Petani
Pantai                           Nelayan


3. Apa saja bentuk interaksi masyarakat sekitarmu dengan lingkungan alamnya? Lengkapilah tabel berikut, perhatikan contoh!
 

Bentuk Interaksi Masyarakat dengan Alam dan Hasil Interaksi dengan Lingkungan Alam 

Bercocok tanamMudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan
Menjadi nelayanMendapatkan berbagai jenis ikan
Memelihara hewan ternak sapiMudah mendapatkan susu dan daging
Melakukan penghijauanTersedianya sumber air bersih

4. Apa kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini?

 Daerah yang berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda sehingga manusia harus mampu menyesuaikan diri.

 
Apa yang kita makan berasal dari hubungan manusia dengan lingkungan alamnya.


Saya bersyukur tinggal di daerah yang memiliki hasil pertanian yang melimpah. Di daerah Papua, mereka biasa memakan umbi‐umbian karena di sana mereka tidak menanam padi seperti masyarakat di Pulau Jawa.
 

Umbi-umbian merupakan tanaman yang paling mudah tumbuh dan mudah dirawat di sana. Artinya jika daerahnya berbeda, tanaman yang dihasilkan pun bisa berbeda. Masyarakat yang tinggal di sana juga harus menyesuaikannya.
Pada dasarnya, sifat interaksi antara manusia dan alam adalah timbal balik. Manusia sangat membutuhkan alam dan segala sumber daya yang ada di dalamnya untuk bertahan hidup. Sebaliknya alam menuntut manusia untuk melestarikannya.

Manusia sebagai makhluk memiliki keterkaitan dan ketergantungan terhadap alam dan lingkungannya. Untuk bisa mempertahankan kehidupannya manusia membutuhkan lingkungan sekitar atau sumber daya alam.

Pada awalnya manusia memanfaatkan alam hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan dasarnya (makan dan minum serta pakaian). Namun, saat ini manusia mengolah sumber daya yang ada di alam untuk beragam kebutuhan atau sekedar memenuhi gaya hidupnya.  Akibatnya, sebagian lingkungan alam telah mengalami kerusakan seperti pencemaran air dan udara

No comments

Powered by Blogger.