Halaman 111. Membuat Karya Kerajinan dari Bahan Kertas Bekas

Buatlah karya kerajinan berbahan utama dari kertas bekas.
 
1. Karya yang akan dibuat :

Kotak Tisu dari Kertas Koran Bekas
 
2. Alat dan Bahan :
 
Bahan:
     Karton, Kardus bekas sepatu, kertas Koran/majalah bekas secukupnya.
 
Alat:
Beberapa alat yang digunakan dalam proses pembuatan tempat tisu dari koran bekas antara lain sebagai berikut:
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pena/pensil (jika diperlukan)
  • Double tape
  • Lakban
 3. Langkah-langkah Pengerjaannya:
 
Langkah ke-1 membuat gulungan kertas.
 
Potong kertas koran bekas menjadi dua bagian lalu gulung kertas tersebut sehingga menjadi bentuk seperti tongkat. Buatlah gulungan kertas ini sebanyak yang dibutuhkan. Usahakan gulungan memiliki besar yang sama dan gulungan tersebut rajin. Agar gulungan kertas tidak terlepas atau membuka kemabali, pada akhir gulungan kertas dikunci dengan menggunakan double tape.
Potong gulungan kertas sesuai dengan panjang, lebar,dan tinggi kotak sepatu yang ada.
 
Langkah ke-2 menempelkan gulungan kertas

Untuk bagian atas kotak tisu yang akan kita buat, buatlah lobang sesuai dengan ukuran tisu yang akan kita masukan. Ukurlah menggunakan penggaris panjang dan lebar yang akan dibuat lobang tersebut. Potonglah bagian yang tidak digunakan tersebut menggunakan gunting (kardus sepatu berlobang bagian atasnya)
 
Langkah ke-3
Pasanglah double tape pada masing-masing ujung kotak sepatu, agar lebih kuat bagian tengah juga diberi dauble tape (ada tiga double tape untuk tiap sisi kotak sepatu).
Tempelkan gulungan kertas  yang sudah dipotong sesuai dengan ukuranya satu persatu dan usahan gulungan kertas tertata dengan rapi. Ikatlah bagian pinggir gulungan kertas yang sudah tertata tersebut dengan menggunakan lakban. Pemasangan lakban juga harus rapi agar kotak tisu yang kita buat nantinya juga rapi.
 
Langkah ke-4
Tutuplah semua bagian kotak sepatu tersebut dengan menggunakan gulungan kertas, sehingga semua bagian kotak sepatu tersebut tertutup oleh gulungan kertas. Rapikan dengan menempelkan lakban pada ujung masing-masing sisi kotak sepatu.
 
 
Powered by Blogger.