Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

1. Tumbuhan terdiri atas beberapa bagian, antara lain;
a. Akar; berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta mengukuhkan tumbuhan. Beberapa tumbuhan tertentu, akar tidak hanya berfungsi menyerap air dan mineral, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan (tumbuhan umbi-umbian). Dan ada juga yang  berfungsi membantu penyerapan oksigen di udara (tumbuhan bakau). Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu
- Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis monokotil (biji berkeping tunggal). Misalnya, padi, jagung, dan kelapa.
- Akar tunggang biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis dikotil (biji berkeping dua). Misalnya, mangga, jambu, jeruk, dan kacang-kacangan.
akar tunggang akar serabut



b. Batang; berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Di samping itu, batang juga berfungsi untuk mengedarkan mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh..
c. Daun; berfungsi sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Daun banyak mengandung zat warna hijau (klorofil). Daun terdiri atas tangkai daun dan helaian daun. Di samping bagian-bagian tersebut, ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai pelepah pada daunnya.. Berdasarkan susunannya, daun mempunyai susunan tulang daun, yaitu;
- Tulang Daun Menyirip; tulang daun seperti sirip ikan. contoh ; daun mangga, daun jambu, nangka.
- Tulang Daun Menjari; berbentuk sepert jari terdapat pada daun singkong (satu tulang daun besar dan  bentuk daunnya pun berbentuk seperti jari). contoh: singkong, pepaya, jarak.
- Tulang Daun Sejajar atau lurus; berbentuk seperti garis-garis sejajar mulai dari pangkal daun hingga ujung daun. Biasanya bentuk daunnya panjang-panjang. Contohnya, jagung, tebu, padi, dan alang-alang.
- Tulang Daun Melengkung; bentuk tulang daun melengkung seperti garis-garis lengkung. Ujung-ujung tulang daun melengkung terlihat menyatu. Contohnya adalah daun sirih, eceng gondok dan daun genjer.

tulang daun

d. Bunga; merupakan alat perkembangbiakan, bagian-bagian yang ada di dalam bunga, yaitu;
- Tangkai Bunga; bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
- Kelopak Bunga; bagian yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.
- Mahkota Bunga; memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya (membantu dalam proses penyerbukan) agar hinggap pada bunga.
- Putik (alat kelamin betina); di bagian tengah-tengah bunga dan biasanya dikelilingi oleh benang sari. Putik terdiri atas kepala putik (tempat terjadi proses Penyerbukan) dan tangkai putik (di bagian yang akan menjadi buah dan Biji).
- Benang Sari (alat kelamin jantan);  pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga, bersifat ringan dan mudah terbang tertiup angin.. Terdiri atas tangkai sari dan kepala sari (dihasilkannya serbuk sari). Dapat menempel pada kaki, kepala, dan tubuh kupu-kupu atau serangga yang hinggap.

penampang bunga

f. Buah (melindungi biji) dan Biji (calon tumbuhan baru); merupakan hasil dari penyerbukan dan pembuahan antara serbuk sari dan putik. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Biji berkeping satu (monokotil) biji berkeping dua disebut (dikotil).

2. Apabila serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan awal dari perkembangbiakan pada tumbuhan
Powered by Blogger.