Halaman 24 - Hubungan Interaksi dan Penampakan Alam

Edo, Beni, dan teman-temannya sedang berjalan kaki bersama. Mereka baru pulang dari melihat-lihat aneka peralatan rumah tangga dari rotan yang dipamerkan di sebuah toko mebel.
 
Edo : "Kreatif sekali, ya, para perajin rotan itu. Membuat berbagai peralatan rumah tangga dari rotan dengan desain yang unik. Kualitas barang-barang yang dibuat juga bagus."
Lani : "Benar. Mereka tampak sudah berpengalaman cukup lama dalam membuat barang-barang dari rotan."
Siti : "Tentu mereka cukup berpengalaman. Para perajin itu memang hidup di sekitar daerah penghasil rotan. Setiap masyarakat pasti beradaptasi dengan kenampakan alam dan mereka hidup dari hasil alam di sekitarnya."
Beni : "Memangnya dari mana rotan-rotan itu berasal?"
Udin : "Dari hutan-hutan di Indonesia, Ben!"
Dayu : "Siti benar! Masyarakat yang hidup di sekitar hutan rotan tentu telah berpengalaman memanfaatkan rotan. Sama halnya dengan masyarakat yang hidup di sekitar pantai. Tentu mereka berpengalaman dalam membuat garam dan mengasinkan ikan." 
Beni : "Adaptasi dan interaksi masyarakat banyak ditentukan oleh jenis kenampakan alam daerah di mana mereka tinggal, ya?"
 
Menurut pendapatmu, mengapa adaptasi dan interaksi masyarakat berhubungan erat dengan jenis kenampakan alam daerah di mana mereka tinggal?
 
Masyarakat yang tinggal di sekitar kenampakan alam tertentu melakukan adaptasi untuk bertahan hidup. Adaptasi yang dilakukan ditunjukkan dengan jenis mata pencaharian utama mereka, makanan, pakaian, dan sebagainya.
Powered by Blogger.