Ulangan Harian Tema 5 Sub Tema 1

Tema         : 5 (Bangga sebagai Bangsa Indonesia)   Kelas       :  V (lima) Sub tema   : 1 (Indonesiaku,Bangsa yang Kaya)     Waktu     :  60 menit
A. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.4 ) 1. Kegiatan berdoa baik sebelum kegiatan pembelajaran dan sesudah pembelajaran berakhir, merupakan salah satu perwujudan pengamalan nilai – nilai Pancasila sila ke …
        a. 1 c. 3
        b. 2 d. 4
2. Sebagai organisasi ekonomi rakyat,asas dan prinsip koperasi sangat sesuai dengan jiwa Pancasila,terutama sila ke … . 3. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,Pancasila memiliki fungsi yaitu … . 4. Berikan 3 contoh sikap yang mencerminkan perwujudan salah satu nilai – nilai Pancasila yaitu sila ke satu ! B. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.3)
       Bacalah cuplikan teks bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 5 dan 6 !
       Saat mereka duduk beristirahat di trotoar, sebuah mobil bak terbuka lewat dan berhenti tak jauh dari tempat mereka beristirahat. Supir dan seorang temannya turun dari mobil dan segera berbaur dengan para pengunjung alun-alun. Beni dan teman-temannya memandang dengan penuh minat pada muatan mobil itu. Sebuah papan reklame yang tampaknya milik sebuah toko yang baru akan dibuka. Beni menunjuk papan reklame itu dan berkata, ”Akan ada toko mebel baru nanti di jalan Ahmad Yani. Khusus mebel dari rotan.” Teman-teman yang lain bergumam membenarkan. Mereka juga tengah membaca nama toko, jenis barang yang dijual, dan alamat toko pada papan reklame itu. “Bagus sekali, ya, gambar contoh mebelnya! Aku jadi ingin mengajak ibuku melihat-lihat ke toko itu nanti,” kata Siti bersemangat. “Cara pemiliknya memilih warna untuk papan reklamenya juga bagus, ya! Menarik minat orang untuk memperhatikan dan membaca dengan lebih teliti,” sambung Udin. “Bukan hanya warnanya, proporsi besar huruf dan gambarnya juga tepat,” Edo menambahkan.
5. Berdasarkan teks bacaan di atas jenis barang yang akan diekspor oleh toko adalah … .
        a. alat elektronik c. kerajinan anyaman
        b. patung kayu d. mebel kayu
6. Untuk membantu calon pembeli mengetahui produk yang akan ditawarkan,maka diperlukan media yang bernama … .
        Bacalah cuplikan teks bacaan di bawah ini !
                                                         Kenali Aku: Si Rotan
      Aku tak hanya berguna sebagai bahan mebel atau barang kerajinan. Batangku yang masih muda dapat dimakan sebagai sayuran. Akar dan buahku dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. Getahku dapat digunakan sebagai bahan baku pewarnaan pada industri keramik dan farmasi.
7. Bagian dari tumbuhan rotan yang bisa untuk dikonsumsi sebagai makanan adalah … .
        Bacalah pantun berikut !
        Berkaca katak sambil berdiri
        Menghias diri seindah bunga
        Mari cintai bangsa sendiri
        Hiduplah rukun dengan semua
8. Jelaskan isi yang terkandung dalam pantun di atas dengan kalimatmu sendiri !
C. Selesaikan soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 9. Bentuk perpangkatan dari 12 x 12 adalah … .
        a. 12¹ c. 12³
        b. 12² d. 12
10. Hasil dari 25² – (22² : 4) adalah … . 11. Suatu lahan berbentuk persegi dengan panjang sisinya 12 m dibagi menjadi empat bagian sama besar. Luas setiap bagian adalah …m². 12. Sebutkan 3 bilangan kuadrat antara 30 sampai dengan 100 ! D. Selesaikan  soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 13. Berikut ini yang merupakan fungsi daun bagi tumbuhan adalah … .
        a. tempat berlangsungnya fotosintesis
        b. menyerap air dan mineral dari dalam tanah
        c. menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi
        d. alat pengangkut air dan mineral dari akar
14. Bagian dari tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah adalah … . 15. Di dalam batang terdapat dua jaringan  pengangkut,yaitu pembuluh kayu dan pembuluh tapis  Fungsi pembuluh kayu yang terdapat pada batang adalah … . 16. Sebutkan 3 bagian dari tumbuhan beserta fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri ! E. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 17. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kenampakan alam yang terdapat di daratan adalah … .
        a. jalan         c. jembatan
        b. gunung d. permukiman
18. Kenampakan alam berupa laut sempit yang menghubungkan dua pulau disebut dengan … . 19. Nama upacara adat pada masyarakat Sunda sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas hasil pertanian disebut dengan … . 20. Sebutkan 3 nama upacara adat yang umum dilakukan di daerahmu yang berkaitan dengan bidang agraris! F. Selesaikan  soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.2) 21.
    

Properti tari yang digunakan pada tarian seperti gambar di atas terdiri dari … .
        a. selendang dan kipas c. selendang dan bejana
        b. bejana dan tongkat         d. selendang dan tongkat
22. Bagian dari tumbuhan yang bisa digunakan sebagai bahan properti tari yang diletakkan di  kepala antara lain … .
23. Pada tarian topeng properti yang paling utama harus ada adalah … .

24. Sebutkan 3 nama properti yang digunakan pada tarian jaranan !
Powered by Blogger.