Ulangan Harian Tema 3 Sub Tema 2

Tema         : 3 (Kerukunan dalam Bermasyarakat)    Kelas       :  V (lima) Sub tema    : 2 (Manfaat Hidup rukun)                       Waktu     :  60 menit
A. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.4 ) 1. Salah satu manfaat hidup rukun dalam lingkungan keluarga adalah … .
        a. menambah pekerjaan c. mempersulit pekerjaan
        b. mempererat persatuan                         d. belajar hidup sendiri
2. Salah satu contoh wujud kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat adalah gotong royong.Dengan gotong royong maka pekerjaan yang berat akan terasa … . 3. Kerjasama ekonomi antar negara merupakan salah satu contoh wujud kerukunan di tingkat dunia.Salah satu manfaat dari kerjasama ekonomi antar negara adalah … . 4. Sebutkan 3 manfaat hidup rukun di lingkungan sekolah !
B. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.3) 5. Surat penawaran termasuk salah satu jenis dari surat perdagangan.Unsur – unsur yang ada dalam surat penawaran antara lain,kecuali … .
        a. tempat dan tanggal penulisan surat      c. nomor dan perihal surat
        b. nama pembuat surat                           d. alamat pembuat surat
6. Negara Indonesia dengan Malaysia telah bersepakat untuk melakukan kerjasama bilateral di bidang ekonomi.Arti kata bilateral adalah … .  7. Indonesia telah mengekspor produk unggulan dalam negeri berupa kursi ukiran ke Negara Perancis.Arti kata mengekspor adalah … . 8. Sebutkan 3 macam surat dalam perdagangan !
C. Selesaikan soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 9. Pada peta tertulis skala 1 : 500.000.Arti dari skala tersebut adalah … .
        a. setiap jarak 1 cm pada peta mewakili  5 km pada jarak sebenarnya
        b. setiap jarak 1 cm pada peta mewakili 50 km pada jarak sebenarnya
        c. setiap jarak 1 cm pada peta mewakili 500 km pada jarak sebenarnya
       d. setiap jarak 1 cm pada peta mewakili 5000 km pada jarak sebenarnya
10. Jarak sebenarnya kota Tulungagung dan Surabaya 150 km.Jarak kedua kota tersebut pada peta 5 cm.Skala yang digunakan pada peta tersebut adalah … . 11. Jarak kedua kota Tulungagung – Kediri sesungguhnya 45 km.Skala pada peta
        1 : 150.000.Jarak kedua kota tersebut pada peta adalah … .
12. Panjang rumah pada denah 50 cm.Panjang rumah sebenarnya 25 m.Berapa skala denah tersebut ?
D. Selesaikan  soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 13. Benda – benda di bawah ini yang tergolong benda konduktor adalah … .
        a. kayu                                                         c. tembaga
        b. plastik d. kertas
14. Benda yang tidak dapat mengalirkan arus listrik dari sumber listrik disebut dengan benda … . 15. Pada seterika listrik terjadi perubahan bentuk energi ,yaitu dari energi listrik menjadi energi … . 16. Sebutkan 3 contoh perubahan bentuk energi ,dari energi listrik menjadi energi gerak !
E. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 17. Lembaga ekonomi di Indonesia yang merupakan soko guru perekonomian adalah … .
        a. BUMN c. Bank
        b. Koperasi                                                    d. PLN
18. Lembaga ekonomi yang berperan dalam mengelola cabang – cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak adalah … . 19. Simpanan yang dibayarkan setiap awal menjadi anggota koperasi disebut … . 20. Sebutkan 3 bentuk lembaga ekonomi yang kamu ketahui !
F. Selesaikan  soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.2) 21. Berikut ini yang termasuk alat musik melodis adalah … .
        a. drum c. gitar
        b. tamborin                                                     d. kendang
22. Alat musik yang tidak menghasilkan nada disebut alat musik … . 23.
     
      Gambar alat musik di atas termasuk ke dalam jenis alat musik …
24. Sebutkan 3 nama alat musik yang tergolong alat musik melodis !
Powered by Blogger.