Ide Pokok dan Kalimat Utama (Hal. 49-50)

Pengertian Ide Pokok dan Kalimat  Utama
 
Ide pokok adalah ide/ gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.

Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Nama lain untuk kalimat utama adalah kalimat topik.

Contoh Ide Pokok dan Kalimat Utama dalam Bacaan Hal. 48
  • Paragraf 1 : ide pokok adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Kalimat utama : Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
  • Paragraf 2 : ide pokok manusia memanfaatkan lingkungan abiotik, yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Kalimat utama : manusia memanfaatkan lingkungan abiotik.
  • Paragraf 3 : tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia, Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan pun dimanfaatkan oleh manusia. Kalimat utama : lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia.
  • Paragraf 4 : ide pokok Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Kalimat utama : Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan.
  • Paragraf 5 : ide pokok beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Kalimat utama : beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat dan peralatan rumah tangga.
Powered by Blogger.