Mengapa Makluk Hidup Membutuhkan Hasil Fotosintesis? (Hal. 108)

Pengertian Fotosintesis
 
Fotosintesis adalah proses pembuatan energi atau zat makanan/glukosa yang berlangsung atas peran cahaya matahari (photo = cahaya, synthesis = proses pembuatan/pengolahan) dengan menggunakan zat hara/mineral, karbondioksida dan air. Makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis adalah tumbuhan, alga dan beberapa jenis bakteri. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis. Yang dibutuhkan tumbuhan saat fotosintesis adalah air, karbondioksida, cahaya sebagai sumber energi.
 
Fungsi Fotosintesis
  • Fungsi utama fotosintesis untuk memproduksi zat makanan berupa glukosa. Glukosa menjadi bahan bakar dasar pembangun zat makanan lainnya, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat-zat ini menjadi makanan bagi hewan maupun manusia. Oleh karena itu, kemampuan tumbuhan mengubah energi cahaya (sinar matahari) menjadi energi kimia (zat makanan) selalu menjadi mata rantai makanan. 
 
  • Fotosintesis membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi kadar CO2 (karbondioksida) di udara karena CO2 adalah bahan baku dalam proses fotosintesis. Sebagai hasil akhirnya, selain zat makanan adalah O2 (Oksigen) yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
Kemampuan tumbuhan berfotosintesis selama masa hidupnya menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang hidup masa lalu tertimbun di dalam tanah selama berjuta-juta tahun menjadi batubara menjadi salah satu sumber energi saat ini.

Proses Fotosintesis

Tumbuhan bersifat autotrof. Autotrof artinya dapat mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. 

Berikut ini adalah persamaan reaksi fotosintesis yang menghasilkan glukosa. 

                    

Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplas.klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. Meskipun seluruh bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau mengandung kloroplas, namun sebagian besar energi dihasilkan di daun. Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang bersifat anti air untuk mencegah terjadinya penyerapan sinar Matahari ataupun penguapan air yang berlebihan.

Mengapa Makhluk Hidup terhadap Hasil Fotosintesis?

Makluk hidup terdiri dari manusia ,tumbuhan, hewan, serta mikro organisme.

Berikut ini ciri-ciri makhluk hidup yaitu:
  • Memerlukan nutrisi/makanan
  • Bergerak
  • Tumbuh
  • Berkembang biak
  • Bernapas   
  • Peka terhadap rangsang
  • Beradaptasi
  • Mengeluarkan zat sisa  
Berikut ini hasil fotosintesis: 
  • Glukosa
  • Oksigen
Mengapa makluk hidup sangat membutuhkan hasil fotosintesis (glukosa dan oksigen)?
  • Manusia dan hewan membutuhkan makanan antara lain karbohidrat, lemak dan protein. Glukosa sebagai bahan bakar dasar pembangun karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat makanan makanan ini sangat dibutuhkan makluk hidup sebagai sumber energi untuk kelangsungan hidupnya, tumbuh, bergerak dan berkembang biak.
  • Hewan mendapatkan energi sehingga tidak lemah dan lemas, terutama hewan herbivora yang memakan tumbuhan, hewan memperoleh makanan yang berupa buah dimana buah merupakan hasil dari fotosintesis yang berupa karbohidrat, buah akan dimanfaatkan hewan sebagai makanan yang akan menambah energi pada hewan, ada hewan pemakan biji, pemakan buah, bahkan mencari nektar bunga.
  • Pada tumbuhan sendiri, karbohidrat yang dihasilkan dari proses fotosintesis disimpan didalam tubuh tumbuhan antara lain dalam buah. Dalam biji buah terdapat makanan cadangan (endosperma) dan bakal tumbuhan baru (lembaga). Daging dan kulit buah berfungsi untuk melindungi bakal tumbuhan baru dari pengaruh buruk lingkungan luar.
  • Manusia dan hewan membutuhkan oksigen (O2) untuk bernafas. Oksigen digunakan untuk bernafas dan berpengaruh terhadap aliran darah dalam tubuh manusia dan hewan. Organ tubuh manusia seperti otak sangat membutuhkan oksigen, manusia menghirup oksigen yang akan menuju paru-paru dalam paru-paru oksigen akan disalurkan menuju keseluruh tubuh melalui peredaran darah, sehingga sirkulasi oksigen didalam tubuh akan setabil dan semua organ manusia dapat berfungsi dengan baik. Apabila kadar oksigen diseluruh tubuh berkurang, organ tubuh tidak berfungsi. Misalnya, jika oksigen yang mengalir ke otak tersendat sehingga otak tidak menerima oksigen, maka akan kehilangan kesadaran. Jika dalam waktu yang lama, dapat mengakibakan kematian. 
  • Tumbuhan sendiri juga membutuhkan oksigen pada saat respirasi pada malam hari, tidak ada sinar matahari. Tumbuhan melakukan proses respirasi dengan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.
Powered by Blogger.