SOAL UN SMP - Pembahasan

Kompetensi : Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
INDIKATOR 1
Mengidentifikasi Isi Dan Bagian Suatu Teks
syarat paragraf yang baik yaitu hanya memiliki satu pikiran utama maupun gagasan utama. Gagasan utama itu selalu terletak di kalimat utama. Dan kalimat utama terletak di awal atau akhir paragraf.Gagasan utama dalam sebuah paragraf dijelaskan oleh pikiran tambahan atau pikiran penjelas yang terdapat dalam kalimat-kalimat penjelas. Contoh dari pikiran-pikiran penjelas dapat berupa: contoh ilustrasi, keterangan, bukti, alasan, dan sebagainya.

Paragraf yang baik adalah paragraf yang selalu memiliki suatu pikiran utama atau satu gagasan pokok. Gagasan pokok tersebut terletak di dalam kalimat utama. Kal;imat utama, biasanya terletak di bagian awal paragraf. Kalimat utama selalu didukung dengan kalimat-kalimat penjelas. Kalimat penjelas bisa berupa kalimat ilustrasi, kalimat yang menyatakan keterangan mengenai sesuatu, kalimat bukti, kalimat alasan, dan sebagainya. Naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang dan berupa kalimat utama serta kalimat penjelas itu, disebutkan dengan teks. Fungsi teks adalah menyampaikan pesan atau informasi dalam konteks situasi tertentu. Teks selalu mengandung makna-makna. Untuk mengidentifikasi teks, kita dapat menggunakan unsur-unsur “5W + 1H”: what (apa), who (siapa), why (mengapa), when (kapan), where (di mana), dan how (bagaimana).

Contoh Soal 1 :
Kembang bunga glabrata  memang unik. Kantong ketakungnya terlihat berbeda dengan nephentes yang lain memiliki dua sayap memajang di bagian depannya. Keunikan lain kantong glabrata adalah kelopak yang sangat tipis, sehingga seperti transparan. Dengan kantong itulah sang ketakung memerangkap dari golongan arthropoda.

Gagasan utama paragraf tersebut  adalah ….
A.    Keunikan bunga glabrata
B.     Perbedaan bunga glabrata
C.     Keunikan kembang bunga glabrata
D.    Perbedaan kembang bunga glabrata

Pembahasan :
Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada kalimat pertama. Kalimat lainnya mendukung hal-hal yang disampaikan dalam kalimat pertama. Sehingga, seluruh isi paragraf tersebut membicarakan mengenai keunikan bunga glabrata.
      Jawaban : A

Contoh Soal 2 :
Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Mencari isi berita merupakan usaha menemukan pokok persoalan yang diungkapkan dalam berita tersebut.
Informasi yang merupakan isi berita tersebut terdapat dalam kalimat kedua paragraf tersebut “Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi.”

Untuk mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks, kita harus memperhatikan gagasan pokok yang terdapat di dalam kalimat utama. Namun, selain memperhatikan unsur tersebut, sebaiknya kita juga perlu memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Kriteria teks meliputi :
  • Kohesi = Kesatuan makna yang terjalin antar kalimat.
  • Koherensi = Kepaduan atau kesaling-terkaitan antara kalimat yang satu dengan yang lain.
  • Intertekstualitas = Hubungan teks dengan isu-isu yang berkembang di luar teks
  • Informativitas  = Kuantitas dan kualitas informasi yang dikandung di setiap kalimat.



Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 2
Bahasa Indonesia : Menentukan Persamaan Isi Berita
Beberapa berita mungkin memiliki persamaan-persamaan di dalam unsur-unsurnya, entah itu pada waktu kejadian, gambaran proses terjadinya kejadian, para korban ataupun pelaku kejadian, dan unsur-unsur yang lain.
Contoh :
Bacalah kutipan teks berita berikut dengan saksama, kemudian jawab soal di bawahnya
Teks Berita 1
Teks Berita 2
     Presiden SBY Menetapkan tanggal 20 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan hari batik dilakukan setelah UNESCO menyerahkan sertifikat kepada Indonesia. Penetapan hari batik dihadiri menteri komunikasi dan informatika, mantan menteri kebudayaan dan pariwisata, ketua DPR dan lain-lain. Sebelumnya, UNESCO menyetujui batik sebagai warisan budaya dunia tak benda asal Indonesia, setelah pemerintah Indonesia mendaftarkan batik.
     Presiden SBY menetapkan tanggal  2 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan ini dilakukan dalam acara perayaan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di pendapa kediamannya di Puri Cikeas, Juat, 2 Oktober 2009. Peraturan Presiden untuk menetapkan hal itu akan dikeluarkan kemudian. Langkah itu di ambil sebagai bentuk rasa cinta kepada batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui. Kedepan Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga warisan budaya dan tekun untuk mendaftarkan budaya lainnya ke UNESCO. Indonesia kini telah menyumbang tiga warisan budayanya sebagai milik dunia, yaitu keris, wayang dan batik.

Kesamaan informasi yang terdapat pada kedua kutipan berita di atas adalah .......

a. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan Indonesia non benda
b. Indonesia telah mendaftarkan warisan budaya ke UNESCO untuk mendapat pengakuan
c. Presiden menetapakan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik.
d. Presiden mengimbau masyarakat Indonesia menggunakan batik.
Bacalah bacaan berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal
Teks 1
Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, Bogor, Jawa Barat dilangsungkan Kejuaraan Polo Air Yunior Asia. Selasa (12/10) Tim polo air Indonesia meraih peringkat kelima di kejuaraan tersebut. Kejuaraan itu diikuti 12 negara.

Teks 2

Pebulu tangkis utama Indonesia menjanjikan hasil terbaik pada Turnamen Grand Prix Gold Indonesia. Di Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan. Turnamen itu dilaksanakan Rabu, (13/10).

Persamaan isi kutipan berita tersebut adalah tentang ....
A.      olahraga                    
B.       tempat
C.       waktu
D.      hasil              
                       
                        Pembahasan :

                       
                        Informasiadalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencarikesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok darisetiap teks berita tersebut.

Kata-kata yang dirujuk:

                       
Teks I: Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, ... Kejuaraan Polo Air Yunior Asia.
Teks II: Pebulu tangkis utama Indonesia ... Turnamen Grand Prix Gold Indonesia.

                       
                        Bacalah dua kutipan teks berita berikut dengan saksama
Teks 1

                       
Pukul02.05 WIB kemarin, sebuah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dibakar. Pelakutidak dikenali. Akibat aksi tersebut, gerai ATM meledak hingga terpentalsejauh 10 meter.


Teks 2

                       
Seoranglaki-laki nekat membakar Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kejadian itutepat pukul 02.00 WIB dini hari. Akibatnya gerai ATM meledak namun tidakada korban jiwa.


Persamaan isi kedua kutipan berita tersebut adalah ....
a. Waktu kejadian tersebut
b. Gambaran terjadinya ledakan
c. Korban peristiwa tersebut
d. Objek yang dibakar

                       
Pembahasan Cuplikan berita yang ada pada soal mencakup unsur-unsur berikut.
 Jawaban : D

Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya

INDIKATOR 3
Bahasa Indonesia : Menentukan Perbedaan Penyajian Berita
Cara mencari perbedaan penyajian
Penyajian berita setiap surat kabar berbeda. Perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan 5W+1H.Selain itu, pertanyaan yang dapat diajukan yaitu berapa. Setiap kalimat merupakan jawaban atas satu pertanyaan.

Contoh

Perhatikan kutipan teks berita berikut !

Teks 1

Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2

Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

a. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
b. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
c. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
d. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :

Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.

Teks I: (apa) Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. (mengapa)Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana) Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. (siapa) Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2: (kapan) Minggu dini hari (apa) tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana) Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. (siapa) Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.





Bacalah bacaan berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal

Teks 1

Di Seruni Aquatic Stadium Cisarua, Bogor, Jawa Barat dilangsungkan Kejuaraan Polo Air Yunior Asia. Selasa (12/10) Tim polo air Indonesia meraih peringkat kelima di kejuaraan tersebut. Kejuaraan itu diikuti 12 negara.

Teks 2

Pebulu tangkis utama Indonesia menjanjikan hasil terbaik pada Turnamen Grand Prix Gold Indonesia. Di Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan. Turnamen itu dilaksanakan Rabu, (13/10).

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

           Teks 1                                       Teks 2
a.    siapa, kapan, apa             apa, di mana, siapa
b.    di mana, apa, siapa           siapa, kapan, apa
c.    kapan, apa, siapa             di mana, apa, kapan
d.    di mana, kapan, apa         siapa, di mana, kapan

Pembahasan :

Teks 1: (di mana) Seruni Aquatic Stadium Cisarua. (kapan) Selasa (12/10). (apa) Tim polo air Indonesia meraih peringkat lima.

Teks 2 : (siapa) Pebulu tangkis utama Indonesia (di mana) Samarinda, Kalimantan Timur. (kapan) Turnamen itu dilaksanakan Rabu.


Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 4
Bahasa Indonesia : Mengidentifikasi Isi Teks Biografi Atau Iklan
Buku nonfiksi yang berisi tulisan kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang disebut dengan biografi. Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios  yang artinya hidup dan graphein  yang berarti tulis. Secara sederhana, biografi dapat dikatakan sebagai riwayat hidup seseorang yang biasanya ditulis secara kronologis.
Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan, ataupun arti dari suatu tindakan tertentu, dan bahkan misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai prilaku hidupnya. Sebuah biografi lebih kompleks dari pada sekedar tanggal  lahir, tanggal kematian, atau data-data pekerjaan seseorang. Biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam kejadian-kejadian tersebut.. hal itulah yang kemudian menonjolkan perbedaan perwatakan tokoh yang diangkat. Biografi memerlukan bahan-bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda seperti surat-surat, buku harian, atau kliping koran. Sementara itu, bahan-bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku-buku referensi, atau sejarah yang memaparkan peranan subjek biografi tersebut .
Hal-hal yang biasanya ditulis dalam biografi adalah sebagai berikut:
  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Orang tua
  • Riwayat pendidikan
  • Riwayat perjuangan, pekerjaan, atau profesi
  • Penghargaan yang diraih
  • Kelebihan atau keistemewaan yang dimiliki
  • Riwayat berkeluarga (istri atau suami dan anak-anak)

Manfaat membaca biografi
  • Muncul kesadaran diri bahwa kita harus selalu belajar agar berhasil seperti mereka.
  • Tumbuh rasa bangga kepada para pahlawan di bidang apapun.
  • Mendapatkan pengalaman hidup bahwa suatu keberhasilan diraih dengan kerja keras den pengorbanan.

Tips dan Trik
Untuk  mengidentifikasi. Isi teks biografi pada dasarnya sama dengan mengidentifikasi teks berita maupun iklan, yaitu dengan cara mengetahui unsur-unsur pembentuk teks, seperti :
  • What   =   masalah/peristiwa apa yang menjadi topik pembicaraan dalam biografi tersebut
  • Who   =    siapa yang diceritakan dalam teks biografi
  • Why   =   mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi
  • When  =    kapan peristiwa tersebut terjadi
  • Where =    dimana peristiwa tersebut terjadi
  • How   =   bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi
Soal  :

Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
a. Tinggi hati dan ramah
b. Rendah hati dan ramah
c. Sombong dan rendah hati
d. Tinggi hati dan sombong

Kunci              : B

Pembahasan  :

Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.
Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.



Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 5
Bahasa Indonesia : Menentukan Kalimat Fakta Atau Opini Dalam Teks Iklan
Untuk mendapatkan penjelasan lebih detail tentang opini, Anda bisa memanfaatkan uraian yang tertuang di Wikipedia dan KBBI Daring. Pada kedua laman itu, opini dimaksudkan sebagai pendapat, pikiran, pendirian untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi. Ide ini bersifat tidak objektif (mungkin juga sangat subjektif) karena belum mendapatkan pemastian dan pengujian. Opini dapat pula tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan sehingga kebenaran atau kesalahannya tidak dapat ditentukan secara langsung. Secara sederhana, opini adalah ide atau pemikiran yang bersifat subjektif yang dalam penafsirannya sangat mungkin terjadi perbedaan (multitafsir). Jika opini bersifat multitafsir, fakta sebaliknya, penafsirannya pastilah tunggal. Selain bertafsir tunggal, fakta juga dapat dimaksudkan atas sesuatu yang sifatnya benar-benar terjadi atau benar-benar ada. Tentu saja maksud benar-benar terjadi dan benar-benar ada ini tidak terlepas dari definisi tafsir tunggal tadi.

Soal  :

Perhatikan iklan berikut!

1)      Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2)      Hanya 500 ribu sampai bisa
3)      Tersedia tiga level
4)      Untuk semua level, gratis pengulangan
5)      Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang

Kalimat opini  pada iklan tersebut ditandai nomor ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 4
c. 3 dan 4
d. 3 dan 5

Kunci              : A

Pembahasan  :

Pendapat = opini adalah pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya. Data pendukung kata mudah dan murah pada kalimat  Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH dan kata hanya pada kalimat Hanya 500 ribu sampai bisa.


Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 6
Bahasa Indonesia : Menyimpulkan Isi Paragraf
Kesimpulan atau simpulan merupakan pernyataan berisi fakta,pendapat, atau alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek. Bisa dikatakan bahwa kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian yang berupa informasi. Simpulan merupakan ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya.Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok.Untuk memudahkan menyimpulkan paragraf ,kamu harus mencari ide –ide pokok tiap –tiap paragraf ,kemudian kamu harus meringkas ide tersebut menjadi satu kata yang baik.

Soal  :

Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah …
A.      Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
B.       Sepeda sebagai alat transportasi modern.
C.       Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
D.      Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.

Kunci              : D

Pembahasan  :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. (kalimat pertama); … anak-anak .., para remaja, orang dewasa … orang-orang yang beranjak tua senang bersepeda (kalimat kedua); sepeda menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan (kalimat ketiga)


Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 7
Bahasa Indonesia : Mengidentifikasi Isi Grafik, Tabel, Bagan, Denah

Penjelasan isi grafik tersebut adalah ...
A. Produksi jagung menurun pada tahun 2009.
B. Semua produksi jagung diekspor ke luar negeri.
C. Peningkatan produksi jagung sama setiap tahun
D. Produksi jagung tertinggi pada tahun 2010.

Pembahasan

Menurut grafik batang, tahun 2010 merupakan produksi jagung yang tertinggi.
Soal  :
Perhatikan tabel berikut!
Jumlah buku di Perpustakaan Gemar
No.
Jenis
Judul
Eksemplar
1
Cerita anak-anak
42
134
2
Novel remaja
38
  80
3
Roman
19
  42
4
Dongeng
64
  70
Jumlah
     163
326

Simpulan isi tabel tersebut adalah …
a. Buku cerita anak-anak terbanyak judulnya.
b. Novel remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
c. Jumlah terbanyak adalah buku cerita anak-anak.
d. Jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.

Kunci              : D

Pembahasan  :

Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut bahwa jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya. Pilihan A dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku cerita anak), sedangkan pilihan D bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.




Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 8
Bahasa Indonesia : Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Puisi
Secara sederhana, batang tubuh puisi terbentuk dari beberapa unsur, yaitu kata, larik , bait, bunyi, dan makna. Kelima unsur ini saling mempengaruhi keutuhan sebuah puisi. Secara singkat bisa diuraikan sebagai berikut.

Kata adalah unsur utama terbentuknya sebuah puisi. Pemilihan kata (diksi) yang tepat sangat menentukan kesatuan dan keutuhan unsur-unsur yang lain. Kata-kata yang dipilih diformulasi menjadi sebuah larik.

Larik (atau baris) mempunyai pengertian berbeda dengan kalimat dalam prosa. Larik bisa berupa satu kata saja, bisa frase, bisa pula seperti sebuah kalimat. Pada puisi lama, jumlah kata dalam sebuah larik biasanya empat buat, tapi pada puisi baru tak ada batasan.

Bait merupakan kumpulan larik yang tersusun harmonis. Pada bait inilah biasanya ada kesatuan makna. Pada puisi lama, jumlah larik dalam sebuah bait biasanya empat buah, tetapi pada puisi baru tidak dibatasi.

Bunyi dibentuk oleh rima dan irama. Rima (persajakan) adalah bunyi-bunyi yang ditimbulkan oleh huruf atau kata-kata dalam larik dan bait. Sedangkan irama (ritme) adalah pergantian tinggi rendah, panjang pendek, dan keras lembut ucapan bunyi. Timbulnya irama disebabkan oleh perulangan bunyi secara berturut-turut dan bervariasi (misalnya karena adanya rima, perulangan kata, perulangan bait), tekanan-tekanan kata yang bergantian keras lemahnya (karena sifat-sifat konsonan dan vokal), atau panjang pendek kata. Dari sini dapat dipahami bahwa rima adalah salah satu unsur pembentuk irama, namun irama tidak hanya dibentuk oleh rima. Baik rima maupun irama inilah yang menciptakan efek musikalisasi pada puisi, yang membuat puisi menjadi indah dan enak didengar meskipun tanpa dilagukan.

Makna adalah unsur tujuan dari pemilihan kata, pembentukan larik dan bait. Makna bisa menjadi isi dan pesan dari puisi tersebut. Melalui makna inilah misi penulis puisi disampaikan.

Soal  :
Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal
Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
                  Gempa bumi
                  Bila datang harus waspada
                  Bila ada harus siaga
                  Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak dapat dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar  engkau dilindungi
Tema kutipan puisi tersebut adalah ….
a. korban bencana alam
b. lokasi bencana alam
c. waspada gempa bumi
d. pertanda datang bencana

Kunci              : C

Pembahasan  : Data pendukung:  bila datang harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar
Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 9
Bahasa Indonesia : Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Atau Cerita Anak

Cerpen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang berwujud prosa. Cerpen ada yang bersifat fiktif dan nonfiktif. Cerita yang ditampilkan dalam sebuah cerpen biasanya hanya sepenggal peristiwa yang terjadi pada seseorang dan fokus cerita terletak pada tokoh utama.

Pada umumnya, unsur intrinsik cerpen meliputi hal-hal berikut ini.
  • Tema adalah sumber gagasan atau ide cerita yang dikembangkan menjadi sebuah karangan.
  • Alur adalah urutan peristiwa sebab akibat yang menjalin suatu cerita.
  • Tokoh adalah pelaku-pelaku dalam cerita. Tokoh dibedakan menjadi tiga, yakni protagonist, antagonis, dan tritagonis.
  • Sudut pandang adalah tempat atau titik dari mana seseorang melihat objek karangan.
  • Latar adalah waktu dan tempat serta keadaan sosial yang digunakan pengarang dalam menyusun cerita.
  • Amanat adalah pesan moral yang terdapat dalam cerita.
Selain itu, cerpen mengandung nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari peran masing-masing tokoh dalam isi cerpen tersebut. Ada pun nilai-nilai tersebut antara lain:
  • Nilai moral yaitu nilai yang berjkenaan dengan Tuhan dan agama
  • Nilai kemanusiaan yaitu nilai yang berkenaan dengan masyarakat
  • Nilai etika yaitu nilai yang berkenaan dengan budi bahasa, sopan santun.
  • Nilai estitika yaitu nilai yang berkenaan dengan seni dan keindahan.
Soal  :

(1)“Aku tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu aku lumpuh.”
(2)“Mana mungkin aku begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi seperti itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(3)“Sudahlah,” Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
(4)Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
a. di tengah laut                             
b. di pantai
c. di rumah Dayu
d. di jalan

Kunci              : B

Pembahasan  :

Latar dalam cerita tersebut adalah di pantai. Hal ini didukung oleh bagian (4) cerita tersebut, yaitu … berjalan di atas pasir putih ... Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut …




Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 10
Bahasa Indonesia : Mengidentifikasi Perbedaan Karakteristik Dua Novel
Identifikasi Cerpen
Unsur pembangun sebuah cerpen meliputi unsur intrinsik dan ekstrinsik. Tentu kamu masih ingat apa saja yang termasuk dalam unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra. Pada pembelajaran ini hanya akan membahas alur, penokohan, dan latar pada sebuah cerpen.
  • Plot atau alur. Alur disebut juga jalan cerita. Bentuk alur berupa peristiwa-peristiwa yang disusun secara berkaitan menurut hukum sebab akibat dari awal sampai akhir cerita.Macam-macam alur cerita. Alur cerita ada beberapa jenis. Jenis-jenis alur cerita maliputi berikut ini. a) Secara kualitatif, alur cerita terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
  • Alur erat. Pada alur erat, hubungan peristiwa satu dengan lainnya sangat erat, padu, sehingga tidak mungkin ada bagian cerita yang diambil bagiannya saja. Alur jenis ini saling terikat antara peristiwa satu dengan peristiwa lainnya.
  • Alur longgar. Pada alur ini, ada bagian cerita yang diambil dari cerita yang telah diuraikan sebelumnya. Disebut longgar karena adanya degresi atau masuknya peristiwa lain ke dalam cerita tersebut.
b). Secara naratif waktu, alur cerita terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.    Alur maju, yaitu alur atau jalan cerita yang disusun berdasarkan urutan waktu (naratif) dan urutan peristiwa (kronologis).
  • Alur mundur, yaitu alur atau jalan cerita yang mengembalikan cerita ke masa atau waktu sebelumnya.
  • Alur campuran (flashback), yaitu perpaduan antara alur maju dan alur mundur. Cerita bergerak dari bagian tengah, menuju ke awal, dilanjutkan ke akhir cerita.
Tahapan-tahapan alur
Perhatikan bagan tahapan alur berikut ini!
http://2.bp.blogspot.com/-xKaviyE1v8Y/UupMOS4uEMI/AAAAAAAAAqc/GjGmq_G6G9Y/s1600/Tahapan-tahapan+alur.png

Soal  :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel 1
Novel 2
     Perkakas rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah ke rumah gadai.
     Apabila Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang, terasalah olehnya kemiskinan yang dideritanya itu. Ia pun menyesal dan menyalahkan Si Inem seorang perempuan yang pembantah.
Pangeran Purbaya bersama dua istri dan  seorang anaknya telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya. Dengan sangat duka citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani kecil. Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi cahaya yang samar-samar.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah….
Pilihan
Novel 1
Novel 2
A
Latar tempat tidak jelas
Latar tempat jelas
B
Penggambaran watak tokoh langsung digambarkan oleh pengarangnya
Penggambaran watak tokoh berdasarkan pembicaraan tokoh lain
C
Menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
Menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D
Terdapat tiga tokoh utama
Terdapat empat tokoh utama
Kunci              : A
Pembahasan  :
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas

Kompetensinya Masih sama dengan yang sebelumnya
INDIKATOR 11
Bahasa Indonesia : Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Drama
Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun suatu karya
sastra dari dalam. Unsur intrinsik puisi yaitu unsur pembangun
puisi atau pembentuk puisi. Unsur intrinsik prosa yaitu unsur
pembentuk prosa. Demikian juga dengan drama yang meliputi
hal-hal berikut :
  • Latar/setting : Tempat dan waktu terjadinya peristiwa.
  • Alur/plot : Jalan ceritanya.
  • Pemeran : Pemeran utama dan pemeran pembantu.
  • Dialog : Percakapan antartokoh.
  • Akting/gaya : Gerakan/perbuatan/gerak laku yang dilakukan pemain-pemainnya.
  • Tema : Pokok cerita.
Soal  :
Ibu       : Maaf, saya menggangu. Apa ada yang melihat Samsudin?
Hani     : Samsudin?
Ibu       : Anak saya.
Hani     : Oh, si Sam. Ada apa?
Ibu       : Sejak siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.
Hani     : Apa tadi habis dimarahi?
Didi      : Tadi dia bermain di lapangan, Bu!  

Suasana yang tergambar dalam kutipan drama tersebut adalah ….
a. mencemaskan
b. menyedihkan
c. mencekam
d. menakutkan

Kunci              : A

Pembahasan  :

Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari tokoh Ibu yang mencemaskan anaknya yang belum pulang, padahal hari sudah malam.







Kompetensi Ke 2: Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
INDIKATOR 12
Bahasa Indonesia : Menulis Catatan Pengalaman Pada Buku Harian
Buku harian dikenal juga dengan catatan harian atau jurnal harian. Dalam bahasa Inggris disebut “diary”. Menurut Zulkarnaini (2008) buku harian pada dasarnya adalah catatan penting tentang pengalaman, pemikiran, dan perasaan yang ditulis setiap hari oleh seseorang. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, buku harian artinya buku tulis yang berisi catatan kegiatan yang harus dilakukan dari kejadian yang dialaminya setiap hari. Buku harian bisa merupakan buku catatan pribadi yang berisi catatan kejadian atau pengalaman seseorang yang dialami setiap hari. Berdasarkan pengertian tersebut, buku harian merupakan tempat untuk menuliskan perasaan, pemikiran, apa yang telah terjadi pada penulis maupun pandangan penulis terhadap peritiwa yang dialami orang lain. Menulis buku harian merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis. Betapa banyak orang yang menulis buku harian bisa menjadi terkenal. Seprti: Buku Harian Seorang Demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie, belum lama ini difilmkan, dan filmnya cukup menarik perhatian kaum muda. Begitu juga, dengan Buku Harian Anne Frank yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia.

Isi buku harian harus memuat berbagai unsur agar menjadi susunan yang baik. Unsur-unsur itu adalah waktu, tempat, peristiwa, dan suasana. Yang meliputi :
  • Tanggal penulisan
  • Peristiwa yang dialami
  • Waktu peristiwa itu terjadi
  • Tempat peristiwa itu terjadi
  • Orang yang terlibat dalam peristiwa itu
  • Perasaan/kesan atau harapan terhadap peristiwa itu.
Soal  :
Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada hari ini 17 Agustus 2012, Dea berbahagia karena menerima hadiah dan piala dari gubernur. Ia  menang lomba baca puisi sebagai juara I tingkat SMP se-Jakarta.
Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …
a. Aduh betapa malunya aku menerima hadiah dan piala dari gubernur. Aku juara I lomba baca puisi antarsiswa.
b. Aku menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi se-Jakarta. Aku sangat senang menerima ini semua.
c. Aku memenangkan lomba baca puisi sebagai juara I tingkat SMP se-Jakarta. Aku menerima hadiah dan piala.
d. Tanggal 17 Agustus 2012, aku menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi. Aku juara I tingkat SMP se-Jakarta. Betapa bahagianya aku.

Kunci              : D

Pembahasan  :

Pelaku: Dea: peristiwa: Dea mengikuti lomba baca puisi, menjadi juara I, ia mendapat hadiah dan piala dari gubernur.
Bahasa ekspresi: menggunakan kata ganti aku dan sesuai data tersebut.


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 13
Bahasa Indonesia : Menulis pesan singkat sesuai konteks
Kehadiran alat komunikasi telepon seluler (ponsel) membawa banyak perubahan dalam masyarakat. Perubahan ini terlihat jelas pada aspek-aspek komunikasi manusia. Dengan adanya ponsel, masyarakat dapat berkomunikasi dan berbahasa tanpa batas. Dengan menggunakan fasilitas ponsel baik itu voicecall, videocall, MMS maupun SMS, mereka dapat berkomunikasi kapan saja dan di mana saja. Layanan SMS, sebagai salah satu fitur dari ponsel, dibatasi oleh jumlah huruf (karakter). Keterbatasan ruang tulis ini mendorong masyarakat untuk menjadi kreatif dalam menuangkan ide-ide mereka dalam kalimat-kalimat SMS. Mereka kemudian memotong pendek kalimat mereka, mencampur huruf dengan angka, atau menggunakan simbol-simbol, untuk mengatasi keterbatasan karakter penulisan SMS tersebut. Kreatifitas ini kemudian melahirkan sebuah gaya bahasa baru di yang disebut sebagai  gaya bahasa SMS
Soal                 :

Perhatikan ilustrasi berikut!
Kepala sekolah memberikan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
a. Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
b. Wali kelas harap menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
c. Kepala sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci Ramadan dengan mengadakan bakti sosial.
d. Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.


Kunci              : B

Pembahasan  :

Pesan singkat paling sesuai dengan ilustrasi yang diberikan terdapat pada pilihan (B).




Kompetensi ke 2
INDIKATOR 14
Bahasa Indonesia : Menulis Laporan Atau Pengumuman Atau Resensi
Pengumuman merupakan suatu bentuk penyampaian informasi yang ditujukan kepada khalayak. Oleh karena itu, isi pengumuman hendaknya dikembangkan dengan sifat terbuka. Selain itu, teks pengumuman hendaknya menghindari penggunaan kata-kata yang bersifat teknis. Kata maupun kalimat yang digunakan harus dapat dipahami oleh berbagai kalangan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis pengumuman.
  • Kalimat yang singkat, sopan, dan mudah dimengerti.
  • Isi pengumuman jelas atau mudah dipahami pembaca/pendengar.
  • Sumber atau pembuat pengumuman harus jelas
 Soal  :

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 – 3  jam.
(2) Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3) Teluk Dalam adalah ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4) Pelabuhan ini  menghubungkan  pulau-pulau kecil di sekitarnya.
(5) Untuk menuju ke sana, bisa naik mobil dari Gunungsitoli.
(6) Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.

Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….

A. (3),(5),(1),(6),(4),(2)
B. (3),(6),(4),(5),(2),(1)
C. (1),(5),(6),(4),(2),(3)
D. (1),(6),(4),(2),(3),(5)

Kunci              : A

Pembahasan  :

(7)     Kata yang dirujuk sebagai penanda keterpaduan antarkalimat (3) Teluk Dalam adalah …; (5) Untuk menuju ke sana …; (1) Perjalanan akan memakan …; (6) … mempunyai pelabuhan kecil; (4) Pelabuhan ini  ….; (2) Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.




Kompetensi ke 2
INDIKATOR 15
Bahasa Indonesia : Melengkapi Surat Pribadi Atau Surat Dinas Atau Surat Pembaca
Surat adalah selembar kertas yang berisi informasi, pesan, pertanyaan, dan tanggapan yang sesuai dengan keinginan penulis surat.  Kegiatan berkomunikasi dengan surat disebut surat-menyurat atau korespondensi. Apabila surat itu dari suatu instansi berisi informasi yang menyangkut kepentingan dan kegiatan dinas instansi yang bersangkutan, surat semacam itu disebut surat dinas atau surat resmi. Bila menyangkut kegiatan bisnis disebut surat bisnis.


Fungsi Surat, yaitu:
  • Sebagai bukti nyata hitam di atas putih, terutama surat-surat perjanjian
  • Sebagai alat pengingat karena surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika diperlukan
  • Sebagai bukti sejarah
  • Sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan tugas
  • Sebagai duta atau wakil penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya
  • Sebagai alat promosi
  • Sebagai bahan untuk mengambil keputusan (misalnya surat penawaran dan surat pelaporan)
Soal  :

Bacalah kutipan  surat pribadi berikut!
Kak Desis yang kurindukan,

[ ....]
Kak Desis, aku ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Sudah empat bulan Kakak tidak pulang kampung. Aku tahu kalau Kakak saat ini sibuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika tidak ada kesibukan lagi, orang tua kita mengharapkan Kakak bisa datang ke Bandung. Ibu sangat kangen pada Kakak, begitu juga aku dan adik.

Cukup sekian surat dariku, balasan surat dari Kakak sangat aku nantikan.
                                                                                                                                   Nuning
Kalimat pembuka surat yang tepat  adalah ...
a. Dengan datangnya surat ini, saya memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga di rumah kangen sama Kakak. Kapan Kakak pulang kampung?
b. Halo Kak Desis, apa kabar? Mengapa Kak Desis jarang pulang kampung? Apa Kakak masih punya kesibukan? Bagaimana kabar Kakak di Jakarta?
c. Melalui surat ini, saya berharap keadaan Kakak di Jakarta sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa pulang ke Bandung. Kabar Kakak aku tunggu.
d. Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.

Kunci              : D

Pembahasan  :

Kalimat kedua setelah pembuka dapat menjadi rujukan untuk kalimat pembuka, yakni Kak Desis, aku ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.

Soal  :

Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Pengurus OSIS SMP Setia Hati
 di Brebes

Dengan hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Bakti Sosial, kami  mengharap kehadiran Saudara pada
hari,tanggal     : Selasa , 17 Juli 2012
waktu  : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara    : Persiapan Bakti Sosial

[... ]
Bagian penutup surat tersebut yang tepat adalah …
a. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan semoga dapat dikabulkan.
b. Besar harapan kami, permohonan ini ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.
c. Mengingat pentingnya acara tersebut, harap hadir tepat waktu.
d. Demikian surat pemberitahuan ini disampaikan.

Kunci              : C

Pembahasan  :

Penutup surat disesuaikan dengan pernyataan sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.

Soal  :

Bacalah kutipan surat pembaca berikut!

Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak lama menumpuk kembali.
[…]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah…
a. Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada jalinan kerja sama yang jelas.
b. Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu. Terima kasih.
c. Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
d. Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait agar peduli pada keluhan kami. Terima kasih.

Kunci              : C

Pembahasan  :

Melengkapi kalimat rumpang pada surat pembaca disesuaikan pada kalimat sebelum


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 16
Bahasa Indonesia : Menulis Rangkuman
Rangkuman merupakan sekumpulan berbagai informasi untuk mempermudah pemahaman. Rangkuman memiliki banyak pengertian, diantaranya Rangkuman (Precis yang berarti memotong atau memangkas) adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk singkat. Sedangkan menurut Asmi (2004), Rangkuman merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli, sedangkan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proposional tetap dipertahankan dalam bentuknya yang singkat. Ringkasan berasal dari bentuk dasar “ringkas” yang berarti singkat, pendek dari bentuk yang panjang. Hal ini dipakai untuk mengatakan suatu bentuk karangan panjang yangdihadirkan dalam jumlah singkat. Suatu ringkasan disajikan dalam bentuk yang lebih pendek dari tulisan aslinya dengan berpedoman pada keutuhan topik dan gagasan yang ada di dalamtulisan aslinya yang panjang itu.

Ada beberapa cara untuk merangkum :
  • Catat data-data buku yang dibutuhkan
  • Baca sampul belakang buku
  • Baca daftar isi
  • Baca pendahuluan
  • Cari jawaban masalah tersebut dalam buku
  • Baca Kesimpulan
  • Mulai Menulis
  • Review tulisan sekali lagi
 Soal  :

Pemerintah perlu melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN tidak boleh monopoli penyediaan listrik. Seruan itu datang dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul dengan krisis listrik.
Pihak swasta yang hendak memiliki pembangkit listrik sendiri hendaknya diberikan kemudahan perizinan. Jika hal itu dilakukan maka krisis listrik yang merugikan konsumen dapat teratasi.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah …
a. Krisis listrik sangat merugikan para pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
b. Pemerintah perlu mereformasi PLN dan memberi pihak swasta kemudahan perizinan.
c. Pemerintah hendaknya mempermudah perizinan supaya kerugian konsumen dapat teratasi.
d. Pengusaha menyerukan agar pemerintah melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.
Kunci              : B
Pembahasan  : Rangkuman dapat dilakukan dengan menggabungkan gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf yang ada pada bacaan tersebut.
Gagasan utama paragraf pertama: perlunya reformasi di PLN.
Gagasan utama paragraf kedua: pemberian kemudahan perizinan pihak swasta


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 17
Bahasa Indonesia : Menulis Teks Berita Sesuai Konteks
Nilai berita mengandung delapan unsur, yaitu :
  • Konflik. Informasi yang menggambarkan pertentangan antar manusia,bangsa dan Negara yang perlu dilaporkan kepada khlayak. Dengan begitu khalayak mudah mengambil sikap.
  • Kemajuan. Informasi tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi senantiasa perlu dilaporkan kepada khalayak. Dengan begitu khalayak mudah untuk mengambil sikap.
  • Penting Informasi yang penting bagi khalayak dalam rangka menjalani kehidupan mereka sehari-hari perlu segera dilaporkan kepada khalayak.
  • Dekat. Informasi yang memiliki kedekatan emosi dan jarak geografis dengan khalayak perlu segera dilaporkan. Makin dekat satu lokasi peristiwa dengan tempat khalayak, informasinya akan disukai khalayak.
  • Aktual. Informasi tentang peristiwa yang unik, yang jarang terjadi perlu segera dilaporkan kepada khalayak. Banyak sekali peristiwa yang unik, misalnya mobil bermain sepakbola, perkawinan manusia dengan gorilla, dan sebgainya.
  • Manusiawi. Informasi yang bias menyentuh emosi khalayak, seperti yang bisa membuat menangis, terharu, tertawa, dan sebagainya, perlu dilaporkan kepada khlayak. Dengan begitu, khalayak akan bisa meningkatkan taraf kemanusiannya.
  • Berpengaruh. Informasi mengenai peristiwa yang berpengaruh terhadap kehidupan orang banyak perlu dilaporkan kepada khalayak. Misalnya informasi tentang operasi pasar Bulog, informasi tentang banjir, dan sebagainya.
Soal  :

Perhatikan ilustrasi peristiwa berikut!
Hari Senin, 19 Maret 2012 di jalan poros Makassar – Jeneponto di Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai puting beliung. Tiang listrik ambruk disertai keluar bunga api. Diiperkirakan puting beliung ini sampai bulan  April.
Teks berita  yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

a. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, pada hari Senin yang lalu. Puting beliung  akan melanda kembali di wilayah Sulawesi Selatan pada April mendatang.
b. Puting beliung terjadi di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3) dan mengakibatkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api. Peristiwa ini diperkirakan masih akan melanda seluruh  wilayah Sulawesi  hingga April mendatang.
c. Di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai angin kencang. Peristiwa ini menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api hingga April mendatang.
d. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3). Puting beliung diperkirakan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan hingga April mendatang.

Kunci              : D

Pembahasan  :

Tubuh berita disusun dengan bahasa singkat, jelas, dan padat. Informasi yang sesuai fakta dalam ilustrasi, yaitu hujan deras disertai puting beliung.




Kompetensi ke 2
INDIKATOR 18
Bahasa Indonesia : Menulis slogan sesuai konteks
MENULIS SLOGAN SESUAI KONTEKS

Menulis slogan sesuai konteks, ibarat aktivitas menjodohkan. Untuk dapat menjodohkan sesuatu, tentu kita harus mencari kecocokan dan ketidakcocokan antara keduanya. Hasil analisis atas kecocokan dan ketidakcocokan itulah yang kemudian kita jadikan kesimpulan untuk menentukan apakah hal yang kita analisis tersebut berjodoh satu dengan yang lainnya.

Untuk menjawab soal tentang menentukan apakah sebuah kalimat adalah slogan yang sesuai ilustrasi (konteks) atau tidak, kita dapat menerapkan tiga langkah berikut.
  • Slogan harus memiliki banyak kesamaan dengan ilustrasinya, kalau perlu sama persis
  • Jika terjadi perbedaan, perbedaan tersebut tidak esensial sehingga bisa "dimaafkan"/diabaikan
  • Jangan lupakan, slogan harus memenuhi syarat (1) pendek, (2) menarik/mencolok, dan (3) mudah diingat. Jadi, walaupun slogan yang disajikan sesuai dengan konteks, jika tidak memenuhi ketiga syarat ini, sebuah kalimat tidak layak untuk dikatakan sebagai slogan.

Soal  :

 Bacalah ilustrasi berikut!

OSIS SMP Tunas Bangsa memperingati Hari Bumi dengan cara yang berbeda. Pada tanggal 22 April 2011 setiap siswa wajib menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Tujuan menanam tersebut agar lingkungan sekolah nyaman dan bebas polusi udara.
Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
a. Hari ini menanam besok merawat.
b. Sepotong tanaman untuk masa depan.
c. Tanam pohon sekarang segar udara kemudian.
d. Segera rawat  pohon lingkungan akan nyaman.

Kunci              : C

Pembahasan  :

Isi sesuai dengan ilustrasi. Tujuannya meningkatkan kepedulian terhadap sesama, bahasa berciri slogan.



Kompetensi ke 2
INDIKATOR 19
Bahasa Indonesia : Menulis iklan sesuai konteks
MENULIS IKLAN SESUAI KONTEKS

Iklan adalah bentuk komunikasi dari seseorang, perusahaan, atau instansi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara menarik agar masyarakat menggunakan produk yang diklaim. Iklan juga berarti pemberitahuan yang bertujuan untuk membujuk atau mendorong khalayak. Berdasarkan isinya iklan dibedakan menjadi iklan pemberitahuan dan pengumuman, reklame atau iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat. Iklan pemberitahuan dan pengumuman bertujuan menarik perhatian khalayak ramai tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita. Reklame atau iklan penawaran bertujuan agar produk yang ditawarkan laku di pasaran, misalnya iklan barang-barang yang diperdagangkan atau barang niaga. Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat tentang suatu hal, misalnya bahaya narkoba, iklan mencegah demam berdarah, dan sebagainya. Syarat-syarat iklan adalah
  • isinya objektif, 
  • jujur, 
  • menarik, 
  • singkat, 
  • jelas, dan 
  • tidak menyinggung perasaan. 
  • Bahasa yang digunakan berkonotasi positif, 
  • mudah dipahami, 
  • mudah diingat, dan 
  • menimbulkan kepenasaranan bagi khalayak.

Soal  :

Perhatikan ilustrasi berikut!

Mobil akan dijual dengan spesifikasi sebagai berikut.
·      Mobil BMW 318 tahun 2011
·      Warna mobil hitam
·      Dari tangan pertama
·      Aksesorisnya lengkap
·      Harga boleh ditawar
·      Yang berminat hubungi nomor 012-8883508
Kalimat iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
a. BU. Mbl BMW 318’ 11. htm mls. tgn I. full aks. nego. hub 012-8883508.
b. Mobil dijual. BMW 318 ’11. hitam mulus. full aks. nego. hubungi 012-8883508.
c. BU. Akan dijual mobil BMW 318 ’11. hitam mulus. tgn I. hub 012-8883508.
d. BMW 318 ’11 dijual karena butuh uang. full aks. nego. hubungi 012-8883508.

Kunci              : A

Pembahasan  : Data sesuai ilustrasi, berciri iklan baris



Kompetensi ke 2
INDIKATOR 20
Bahasa Indonesia : Menyusun Petunjuk Melakukan Sesuatu
MENYUSU PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU

Petunjuk adalah ketentuan yang memberi arah atau bimbingan bagaimana sesuatu harus dilakukan. Misalnya, petunjuk penggunaan, petunjuk pelaksanaan, petunjuk operasional, dan petunjuk pemakaian. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat dengan mudah menemukan petunjuk pada bungkus makanan instan, obat-obatan, kemasan barang, ?tou mainan rakitan. Petunjuk tersebut harus disusun berdasarkan urutan atau tahapan pengerjaannya. Akan lebih baik jika petunjuk tersebut dilengkapi dengan gambar yang sesuai dengan isi petunjuknya.

langkah-langkah menulis petunjuk berikut ini
  • Tentukan terlebih dahulu petunjuk apa yang hendak diinformasikan, apakah petunjuk memakai sesuatu,  membuat sesuatu, atau  melakukan sesuatu. Ketiga kegiatan tersebut pasti berbeda pada langkah-langkahnya. Sebelum materi ini, pasti kamu sudah mengetahui contoh macam-macam petunjuk, kan?
  • Setelah menentukan petunjuk apa yang akan diinformasikan, kamu harus memahami semua hal yang berhubungan dengan apa yang hendak  diinformasikan. Oleh karena itu, orang yang akan menulis petunjuk tersebut  adalah orang yang pernah mengalami, mempraktikkan, atau melihat langsung suatu hal yang akan diinformasikan. Tulislah petunjuk secara  berurutan dan sistematis.
  • Lengkapilah setiap tahapan dengan keterangan  dan rambu-rambu yang jelas.  Lebih bagus dan menarik lagi apabila ditambah dengan gambar, denah,  bagan, atau grafik jika diperlukan.
Atau dengan bahasa lain juga bisa  seperti ini untuk memahami petunjuk, haruslah memperhatikan beberapa hal yaitu
  •     Kelogisan urutan
  • Tidak diawali dengan konjungsi atau kata hubung

Soal  :

Menghilangkan Rasa Sakit karena Tertusuk Duri

(1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan sedikit!
(2) […]
(3) Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas!
(4) […]
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar dengan sendirinya!

Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ...
A. (2) Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit! (4) Celupkan batang sereh ke
     dalam minyak kelapa!
B. (2) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa! (4) Tempelkan sereh yang cukup panas tadi,
     pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri!
C. (2) Tempelkan batang sereh yang sudah dipanaskan tadi! (4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
D. (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya! (4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa sebelum dibakar!

Kunci              : B

Pembahasan  : Dalam melengkapi kalimat petunjuk hal yang harus diperhatikan adalah logika berpikir dan keruntutan kalimat. Kalimat (1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan sedikit, maka kalimat selanjutnya adalah celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa. Sedangkan kalimat (3) Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas, maka kalimat selanjutnya adalah tempelkan sereh yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri.

Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Ulangi beberapa kali sehingga mata kelihatan segar dan tidak bengkak.
(2) Jika kapas itu kering, basahilah kembali.
(3) Setelah itu basahilah dengan air es.
(4) Ambil kapas secukupnya kemudian bagilah menjadi dua bagian.
(5) Lalu diamkanlah beberapa menit.
(6) Letakkanlah kedua kapas lembap tersebut pada kedua belah mata.

Petunjuk menghilangkan bengkak mata yang tepat adalah ....
A. (4), (6), (2), (3), (5), (1)
B. (4), (6), (1), (3), (2), (5)
C. (4), (3), (5), (6), (1), (2)
D. (4), (3), (6), (5), (2), (1)

KUNCI JAWABAN : D

PEMBAHASAN :
Petunjuk ketentuan yang memberi arah atau bimbingan tentang cara melakukan sesuatu perbuatan atau tindakan. Menyusun petunjuk berarti memaparkan langkah-langkah untuk melakukan sesuatu secara benar. Cermati kata-kata konjungsi pada setiap peryataan petunjuk. Jika petunjuk tentang makanan atau minuman, cermati kata siap dinikmati, disajikan, dihidangkan.. letaknya di akhir petunjuk tersebut.
Kata kunci : letakkan …(setelah itu…); (lalu)…(jika)...



Kompetensi ke 2
INDIKATOR 21
Bahasa Indonesia : Menulis Teks Pidato
MENULIS TEKS PIDATO

Pidato merupakan penyampaian dan penanaman pikiran, informasi, atau gagasan dari  pembicara kepada khalayak ramai.
Pidato biasanya di sampaiakan dalam acara-acara resmi , seperti peringatan hari bersejarah, perayaan hari besar, atau kegiatan-kegiatan di masyarakat.langkah-langkah menulis petunjuk berikut inidengan bahasa lain juga bisa  seperti ini untuk memahami petunjuk, haruslah memperhatikan beberapa hal yaitu
Langkah-langkah menyusun Pidato :
1.    Menetukan topik. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menentukan topik pidato :
  • Kesesuaian topik dengan latar belakang pengetahuan, wawasan, dan minat
  • Kesesuaian topik dengan pengetahuan dan minatMemiliki ruang lingkup  dan pembatasan
  • Kesesuaian topik dengan waktu dan situasi
  • Di tunjang dengan bahan lainnya
2.    Mengembang topik menjadi kerangka pidato. Kerangka pidato ini akan membantu memudahkan
       mengembangkan gagasan  secara runtut dan sistematis 

Tata Cara Berpidato
  1. Menentukan topik dan tujuan pidato  
  2. Menganalisis pendengar dan situasi. menganalisiss pendengar adalah sebagai berikut. Maksud pengunjung mendengarkan uraian pidato dan kebiasaan atau tata cara kehidupan pendengar tempat acara berlangsung.
  3. Memilih dan penyempitkan topik.
  4. Mengumpulkan bahan
  5. Membuat kerangka uraian
  6. Menguraikan secara mendetail.
  7. Melatih dengan suara nyaring
Soal  :

1. Bacalah kutipan pidato berikut!

Saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kehadiran teman-teman menghadiri kegiatan pameran buku dalam rangka menyambut adik-adik kita siswa kelas 7 yang baru.
[.......]
Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia memohon maaf.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi teks pidato tersebut adalah …

A. Akhirnya kami atas nama panitia mengucapkan selamat mengunjungi pameran buku ini.
B. Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang telah memberikan kesehatan sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan ini.
C. Demikian sambutan dari saya selaku Ketua Panitia semoga pameran buku ini bermanfaat
D. Pameran buku ini merupakan agenda tahunan OSIS dalam rangka memotivasi para siswa agar gemar membaca.

PEMBAHASAN
Kosep dasar
Bagian penutup pidato umumnya diisi dengan (1) ucapan selamat dan terima kasih, (2) harapan, dan (3) permohonan maaf..


2. Sekian sambutan kami, mohon maaf apabila pengarahan kami tidak memuaskan. Terus terang saja, kami sebenarnya belum menguasai materi yang kami sajikan ini, karena kami diminta memberikan pengarahan ini secara mendadak sehingga kurang persiapan. Di samping itu, pengetahuan kami di bidang ini memang kurang, hal ini disebabkan oleh pendidikan kami yang minim. Sekali lagi, kami mohon maaf.

Komentar yang tepat dari penggalan teks pidato di atas adalah ....
A. Pemberi pidato cukup bagus karena beliau berterus terang apa adanya.
B. Pemberi pidato cukup bagus karena beliau bersikap konsekuen.
C. Sikap pemberi pidato dalam sambutannya cukup jantan.
D. Sikap yang ditunjukkan pemberi pidato kurang bagus, karena terlalu jujur.
E. Sikap yang ditunjukkan pemberi pidato kurang bagus, karena dirinya terlalu merendahkan diri.


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 22

Menulis rumusan masalah karya ilmiah:
Rumusan masalah karya ilmiah berbentuk kalimat tanya, logis, dan sistematis.

Menulis saran dalam karya ilmiah:
Saran harus bersifat konstruktif (membangun)

Menulis daftar pustaka:
Urutannya:
nama pengarang dibalik. tahun terbit. judul buku ditulis miring. kota terbit: nama penerbit
Contoh:
keraf, Gorys.1973.Komposisi.Flores:Nusa Indah


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 23
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Menyunting kalimat:
meneliti kalimat, bila ada kesalahan harus dikoreksi.
Kesalahan:
tanda baca: penulisan huruf kapital, tanda baca
pilihan kata: kata yang salah imbuhan, kata yang tidak baku, dll.

Contoh:
1. Adik menyukai pisang Bangkok, Soto betawi dan gula Jawa.
Kesalahan ada pada:
Bangkok seharusnya bangkok
Soto betawi seharusnya soto Betawi
gula Jawa seharusnya gula jawa
sesudah kata Betawi dan sebelum kata dan harus disertai koma

2. Dia adalah atlit sepakbola yang selalu berprestasi.
Kesalahan ada pada:
atlit seharusnya atlet


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 24

Melengkapi pantun
Pantun: puisi lama, bersajak abab, dua baris awal adalah sampiran, dua baris akhir adalah isi
Contoh:

berakit-rakit ke hulu
berenang-renang ke tepian
bersakit-sakit dahulu
bersenang-senang kemudian

Untuk melengkapi pantun harus melihat rima dan isi tiap baris


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 25
Melengkapi puisi
Puisi adalah karya sastra yang indah diksinya dan memiliki makna
Untuk melengkapi puisi harus melihat kalimat sebelum dan sesudahnya.
Kalimat sebelum dan sesudah rumpang harus disesuaikan maknanya dengan rumpang yang akan diisi.


Kompetensi ke 2
INDIKATOR 26
Melengkapi naskah drama
Drama: dialog antar pemain drama
Kalimat harus padu dan berkesinambungan.

Untuk melengkapi dialog harus melihat kesinambungan makna kalimat sebelum dan sesudah rumpang kalimat. Makna antar kalimat dalam dialog naskah drama harus berkesinambungan

Powered by Blogger.