Peristiwa Alam - Hujan

Apa saja peristiwa alam  itu?
  • Badai
  • Kemarau Panjang
  • Banjir
  • Gunung Meletus
Mengapa hujan bisa terjadi hujan?

Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap. Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap berubah menjadi air. Temperatur  yang berada di bawah titik beku (freezing point) mengakibatkan kristal es terbentuk.
Butir-butir air terjadi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara. Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi, yang disebut dengan hujan.

Apa saja manfaat hujan?
  • menyuburkan tanah,
  • menambah cadangan air tanah
  • memberikan asupan makanan bagi tumbuhan
  • menyejukan kondisi udara yang panas
  • meredakan polusi udara yang diakibatkan oleh asap pembakaran
Bagaimana daerah curah hujan tinggi dan rendah,

Di daerah yang memiliki curah hujan tinggi, tanaman tumbuh subur dan pertanian menghasilkan banyak produk pertanian. Produk pertanian yang mudah kalian temukan di pasar tradisional misalnya tanaman teh. 

Di daerah yang memiliki curah hujan rendah, lahan pertanian mengandalkan hujan sebagai sumber pengairan. Kesulitan yang sering dihadapi masyarakat yang tinggal di daerah dengan curah hujan rendah?

  • Kesulitan mencari sumber mata air bersih bagi kebutuhan sehari-hari.
  • Kekeringan bisa menyebabkan gagal panen pada pertanian 
  • Kekeringan menyulitkan masyarakat untuk memperoleh sumber air bersih bagi kehidupan sehari-hari 
  • Curah hujan yang rendah menyebabkan debu dan polusi udara tidak bisa teredam, hal ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan bagi masyarakat.

Peristiwa Alam yang Merugikan Manusia

 
Kerusakkan alam yang terjadi kebanyakan penyebabnya adalah faktor secara alami. Faktor alami ini adalah bencana alam. Faktor alami juga dapat menyebabkan kepunahan hewan dan tumbuhan sulit dicegah. Musim kemarau yang panjang,banjir ,tanah longsor, angin topan,dan letusan gunung berapi yang memiliki efek yang merusak.
Berikut peristiwa alam yang merugikan manusia:
 
a.   Banjir dan Kekeringan
 Kecerobohan dalam memanfaatkan alam, dapat mendatangkan bencana. Bencana yang sering melanda negara kita adalah banjir dan tanah longsor pada musim hujan serta kekeringan pada musim kemarau. Banjir merupakan bencana yang sudah menjadi ”langganan” bagi beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan, di ibu kota Jakarta setiap tahun
terjadi bencana ini. Selain disebabkan oleh faktor alam, banjir juga disebabkan ulah manusia. Pembangunan gedung, penebangan pohon, dan penyempitan sungai merupakan contoh ulah manusia yang menjadi penyebab banjir.
b. Letusan Gunung Berapi 

Letusan gunung berapi menyebabkan terjadinya banyak kerusakan lingkungan. Misalnya tumpukan abu vulkanik dan pasir, awan panas, serta banjir lahar. Pada saat letusan hebat, gunung mengeluarkan magma yang membara sehingga kebakaran hutan di sekitar gunung sulit untuk dihindar
c. Gempa Bumi

Jika terjadi gempa yang kuat, akan banyak kerusakan yang terjadi. Kerusakan rumah, tempat ibadah, jalan, kantor, sekolah, dan lain-lain akan dialami. Gempa juga menyebabkan penduduk luka-luka atau bahkan meninggal dunia. Kejadian gempa bumi sering dirasakan penduduk Indonesia.
Powered by Blogger.