Keragaman Bentuk Muka Bumi di Daratan

Bentuk-Bentuk Muka Bumi di Daratan
  1. Dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi dengan letak ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut (dpl) yang bermanfaat sebagai lahan pertanian, perikanan, pemukiman, dan peternakan. Dataran rendah pada umumnya terdapat di sekitar pesisir pantai.
  2. Dataran tinggi adalah bagian permukaan bumi yang tanahnya relative datar dan letaknya tinggi lebih dari 200m dpl contoh dataran tinggi Gayo, dataran tinggi Alas (Nanggoe Aceh Darussalam), Kerinci (Sumatera barat), Dieng (Jawa Tengah), Tengger (Jawa Timur), Bone (Sulawesi Selatan), dan Minahasa (Sulawesi Utara).
  3. Gunung adalah permukaan bumi yang menjulang ke atas dan lebih tinggi dari pada daerah sekitarnya , dapat dijadikan sebagai tempat perkebunan, rekreasi atau oleh raga. juga berfungsi untuk melindungi dataran rendah dari angin besar,
  4. Pegunungan adalah bagian dari daratan yang merupakan kumpulan deretan dari gunung dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Pegunungan umumnya dipakai untuk rekreasi atau tempat peristirahatan. Beberapa Pegunungan di Indonesia, antara lain Pegunungan Dieng (Jawa Tengah), Sewu (DI Yogyakarta), Schwaner (Kalimantan barat dan Kalimantan Tengah), Siunandaka (Sulawesi utara), Utimbela (Gorontalo), Pompange (Sulawesi tengah), dan Jaya Wijaya (Papua).
  5. Peneplain adalah daratan yang hamper rata akibat pengaruh tenaga dari luar (eksogen)
  6. Ngarai adalan lembah yang dalam dengan dinding yang curam dan di dalamnya mengalir sungai.
Sumber: sooal.blogspot.com
Powered by Blogger.