Halaman 121. Manfaat Sudut dalam Kehidupan Sehari-hari

Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari 

Berbicara tentang Matematika tak akan pernah terlepas dari kehidupan. Karena hampir dalam setiap aktivitas sehari-hari entah disadari atau tidak kita pasti menggunakan Matematika. Mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur lagi. Oleh karena itu, Matematika menjadi salah satu pelajaran terpenting yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin meraih sukses dalam kehidupannya. 

Manfaat Matematika

Banyak sekali bidang matematika, sehingga banyak pula manfaat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya tentang sudut. Berikut ini contoh manfaat matematika dalam penerapan sudut di kehidupan sehari-hari.

a. Sudut untuk menghitung tinggi benda

Untuk menghitung sebuah tinggi benda terutama benda yang sangat tinggi, tanpa susah-susah mengukurnya. Misal, mengukur ketinggian suatu menara. Contoh: Seseorang melihat dari jarak 20 m suatu puncak menara dengan sudut elevasi 60°. Tentukan tinggi menara tersebut?
 
 


b. Sudut digunakan sebagai bidang miring untuk memudahkan pekerjaan.

Bidang miring  digunakan untuk memindahkan sebuah benda ke ketinggian tertentu dengan lebih mudah.
  • Tangga merupakan salah satu jenis bidang miring. Jika memanjat pohon secara langsung, beban tubuh kita akan tertumpu pada tangan dan kaki. Namun, bila memakai tangga, beban tubuh akan ditahan oleh anak tangga yang kita injak. Itulah sebabnya seolah-olah pekerjaan kita terasa lebih ringan. Sebenarnya, pekerjaan kita tetap, tetapi diperingan oleh alat. Jadi, dengan menggunakan bidang miring kita dapat menghemat tenaga. Prinsip yang sama juga diterapkan pada tangga bangunan bertingkat.
     
  • Jalan di daerah pegunungan dibuat berkelok-kelok? Mobil tidak cukup bertenaga untuk mendaki lereng yang curam. Oleh karena itu, jalan tanjakan di gunung yang curam dibuat berkelok-kelok. Jalan yang demikian akan mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk mencapai ketinggian yang sama. Kemiringan tanjakan akan lebih landai dengan adanya kelokan sehingga lebih mudah didaki.
     
  • Memindahkan peti ke dalam truk yaitu dengan menggunakan bidang miring. Peti dapat didorong atau ditarik melalui bidang miring. Tenaga yang dikeluarkan lebih kecil daripada mengangkat peti secara langsung. Bidang miring berguna untuk membantu memindahkan benda-benda yang terlalu berat.
  • Benda-benda tajam seperti pisau, kapak pahat, dan paku menggunakan prinsip kerja bidang miring. Bagian yang tajam dari alat-alat tersebut merupakan bidang miring.

c. Sudut digunakan dalam keindahan dan kekuatan pada bangunan 

Membuat Sudut Pada Bangunan
Selain kekuatan konstruksi serta struktur, pembuatan bangunan skala besar juga perlu membuat perhitungan yang lain yaitu sudut siku bangunan. Meski tampak tidak begitu penting tapi sudut siku bangunan ini punya pengaruh yang sangat besar terhadap nilai keindahan dan kekuatan bangunan. Bahkan besar kecilnya biaya yang harus dikeluarkan juga dipengaruhi oleh masalah sudut siku ini.

Bagian yang punya tugas untuk membuat sudut siku bangunan sekaligus pengecekannya yaitu uitzet. Orang yang bekerja di bagian inilah yang juga punya tugas untuk menentukan letak dan posisi pondasi bangunan. Adapun fungsi dari pembuatan sudut bangunan tersebut ada beberapa sekaligus. Jadi tidak hanya satu manfaat saja.

Fungsi tersebut antara lain adalah untuk menentukan posisi yang tepat baik secara vertikal atau horizontal posisi kolom pada bangunan terutama gedung yang terdiri dari puluhan lantai. Sebab penentuan posisi kolom ini punya hubungan yang sangat erat dengan kekuatan dan daya tahan kosntruksi ketika menahan beban bangunan.


Powered by Blogger.