Halaman 125 - Cara Kerja Magnet pada Lemari Es

Cara Kerja Pintu Lemari Es

Lemari es merupakan contoh peralatan seharihari yang menggunakan magnet. Berikut ini fungsi magnet pada lemari es dan cara kerja magnet pada lemari es.
 
Magnet pada Pintu Lemari Es 
 
Adakah lemari es di rumahmu? Jika ada, bukalah pintu lemari es tersebut lalu tutuplah kembali. Perhatikanlah, pintu itu dapat tertutup rapat walaupun tanpa selot. Mengapa bisa seperti itu? 

Ternyata, ada magnet yang dipasang di badan lemari es dan bingkai pintunya terbuat dari besi. Ketika pintu didekatkan, magnet akan segera menariknya. Akibatnya, timbullah gaya tarik yang menyebabkan pintu lemari es akan menutup. Pintu kulkas memang di desain halus dengan manfaat magnetnya bisa menempelkan pernak pernik lucu anak anak atau sebuah catatan penting yang mengingatkan kita untuk segera melakukannya.

Karet pada Pintu Lemari Es

Karet pintu pada kulkas merupakan bagian dari kulkas yang berada diantara daun pintu kulkas dengan body kulkas. Karet kulkas terbuat dari bahan karet dan juga magnet sehingga selain lentur juga dapat merekatkan pintu kulkas dengan body kulkas. Berikut ini merupakan fungsi dari karet pintu kulkas:
    Fungsi Karet Pintu Pada Kulkas, Freezer dan Showcase
  1. Karet pintu kulkas memiliki fungsi sebagai perekat antara pintu kulkas dengan body kulkas sehingga ketika kulkas ditutup tidak perlu khawatir jika pintu tidak tertutup rapat karena terdapat magnet yang akat menempel cukup kuat pada body kulkas.
  2. Karet pintu terbuat dari karet sangat efektif untuk meredam bunyi ketika menutup pintu kulkas dengan keras sehingga tidak menimbulkan bunyi.
  3. Karet pintu juga berfungsi untuk menjaga temperatur dingin yang ada dalam kulkas tidak terbuang keluar kulkas, sebab jika temperatur dingin dalam kulkas terbuang maka proses pendinginan akan lebih lama bahkan bisa tidak tercapai suhu yang diinginkan.
  4. Karet pintu memiliki fungsi menjaga agar udara yang berada dalam kulkas tidak bertukar dengan udara yang berada diluar kulkas, jika udara luar bertukar dengan udara yang berada didalam kulkas akan mengakibat uap air dalam kulkas akan semakin banyak dikarenakan udara yang baru bertukar dari luar kulkas akan membawa uap air.
Saklar Pintu Lemari Es

Saklar pintu berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu dalam lemari es, proses hidup dan matinya lampu dalam lemari es yaitu pada saat kulkas atau lemari es di buka maka lampu ini akan menyala dan pada saat pintu di tutup maka lampu ini akan mati. Saklar pintu kulkas yang rusak juga dapat membuat kulkas tak bisa dingin. Hal ini karena lampu takkan bisa terkontrol dan bila lampu menyala terus menerus waktu pintu kulkas di tutup dampaknya kalor atau panas lampu tersebut akan menghilangkan dingin pada lemari es, dinginnya lama atau malah lemari es tak bisa dingin .

Cara Kerja Lemari Es dalam Proses Pendinginan

 
Komponen Utama dalam Lemari Es
 
Ada 9 bagian dan komponen utama dalam lemari es yang memiliki fungsi utama masing-masing.

  1. Kompresor, merupakan komponen terpenting di dalam kulkas atau lemari es yang berfungsi memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas.
  2. Kondensor, merupakan alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair.
  3. Filter (saringan), berguna untuk menyaring kotoran yang mungkin terbawa masuk aliran pendingin setelah proses sirkulasi.
  4. Evaporator, berfungsi menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam lemari es dan mendinginkannya.
  5. Thermostat, berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan batasan suhu pada tiap komponen kulkas.
  6. Heater, berfungsi mencarikan bunga es yang terdapat di dalam evapurator.
  7. Fan Motor, berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh rak dan mendorong udara melalui kondesor dan kompresor.
  8. Overload Motor Protector, berfungsi melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi normal.
  9. Bahan Pendingin (refrigerant), merupakan zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. 

Cara Kerja

Cara kerja lemari es masih berhubungan erat dengan prinsip perpindahan kalor. Sistem kerjanya bermula dari kompresor yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Motor kompresor akan segera berputar dan memberi tekanan pada semua bahan pendingin saat telah dialiri oleh listrik. Bahan pendingin yang berwujud gas apabila diberi tekanan akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi. 


Dengan wujud seperti itu, maka akan mebuat refrigerant mengalir menuju kondensor. Nantinya itu akan disaring oleh filter yang ada. Pada titik kondensasi, gas tersebut akan mengembun dan akan kembali menjadi bentuk cair, Refrigerant cair yang bertekanan tinggi akan terdorong dan akan menuju pipa kapiler. Dengan begitu refrigerant akan segera naik ke evaporator dikarenakan tekanan kapilaritas yang telah dimiliki oleh pipa kapiler itu sendiri. 



Ketika berada di dalam evaporator, refrigerant cair segera menguap dan wujudnya akan berubah kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang rendah. Sebab dari proses tersebut, maka udara yang berada di sekitar evaporator akan memiliki suhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi bentuk cair. Pada kondisi yang berulang akan memungkinkan udara tersebut akan membeku dan akan menjadi butiran-butiran es. Hal tersebut terjadi pada benda ataupun air yang dengan sengaja diletakkan pada sekitar evaporator. 

Macam-macam Lemari Es
 
     a)    Jenis Non Frezeer
Lemari es (kulkas) di rumah kita digolongkan non Frezeer apabila bagian di dalam lemari Es tidak hanya Evaporator (Bagian pembeku). Pada kulkas satu pintu evaporatornya terletak di bagian atas dan ukurannya tidak lebih 1/3 ukuran total kulkasnya. Pada kulkas dua pintu dan seterusnya evaporator tersendiri dan ukurannya lebih besar dibandingkan evaporator kulkas satu pintu. Temperatur dingin pada rak-rak di bawah evaporator, sebenarnya berasal dari hembusan udara dingin dari evaporator.

     b)     Jenis Frezeer
Lemari es Frezeer dapat membekukan atau menjadikan sesuatu menjadi Es di setiap bagiannya. Biasanya, lemari es jenis ini digunakan untuk kegiatan wirausaha, seperti penjual es batu atau es lilin. Tidak seperti kulkas biasanya, kulkas Frezeer memiliki evaporator disetiap raknya. Jadi kulkas Frezeer mampu membekukan lebih banyak dibandingkan lemari es non frezeer.

     c)    Jenis Door Glass Refrigerator
Kulkas pintu kaca termasuk jenis kulkas non freezer. Kulkas jenis ini digunakan khusus untuk menyimpan aneka minuman kaleng dan botol. Dengan pintu terbuat dari kaca, memungkinkan minuman yang berada di dalam terlihat dari luar. Temperatur yang dihasilkan oleh kulkas pintu kaca berkisar antara 10-16 derajat-celcius. Kulkas ini tidak membekukan minuman yang ada didalamnya, tetapi hanya mendinginkannya atau menyegarkannya.

Powered by Blogger.