Teknik Membaca

Ada beberapa macam teknik membaca, yaitu: teknik membaca cepat (skimming), teknik membaca sekilas (scanning), teknik membaca memindai, tekni membaca nyaring dan teknik membaca intensif.
  • Teknik membaca cepat (skimming), yaitu membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi dari yang kita baca. Proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bacaan. Bertujuan untuk mengenali topik bacaan dan untuk mendapatkan bagian penting tanpa membaca seluruhnya
  • Teknik membaca sekilas (scanning) adalah membaca sangat cepat. Teknik membaca ini berguna untuk mencari beberapa informasi secepat mungkin. Memindai digunakan untuk mencari nomor telepon, mencari arti kata tertentu dalam kamus, dan lain-lain.
  • Membaca memindai, yaitu membaca dengan cermat dan teliti, dengan memandang bacaannya untuk mengetahui intinya. Membaca memindai dilakukan untuk menemukan informasi secara cepat, yaitu dengan melihat bagian-bagian teks terutama judul, daftar isi, kata pengantar dan yang lainnya.
  • Membaca nyaring, adalah membaca dengan keras. Tujuannya untuk memperjelas pengumuman yang dibaca sehingga pendengar dapat menyebutkan kesimpulan yang terdapat pada pengumuman tersebut.
  • Membaca Intensif, yaitu membaca dengan sungguh-sungguh dan terus menerus sehingga betul-betul memahami bacaan tersebut.
Powered by Blogger.