Nama-nama Bagian pada Tubuh Ikan dan Fungsinya (Hal. 50)

Sistem Pencernaan Ikan

Berikut ini adalah ikan mas (Cyprinus carpio). Saluran pencernaan ikan mas yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Kelenjar pencernaan terdiri dari hati dan pankreas. Perhatikan gambar berikut.



Sistem Pencernaan Ikan

Nama-nama dan fungsi organ tubuh ikan pada gambar di atas
  • Di dalam rongga mulut ikan terdapat gigi-gigi dan lidah yang berfungsi untuk menelam makanan. Ikan mas tidak memiliki kelenjar ludah, tetapi memiliki kelenjar lendir yang berguna untuk membantu menelan makanan.
  • Pada proses pencernaan, makanan dari rongga mulut masuk ke kerongkongan (esofagus). Esofagus adalah permulaan dari saluran pencernaan yang berbentuk seperti pipa, mengandung lendir untuk membantu penelanan makanan. Pada ikan laut, esofagus berperan dalam penyerapan garam melalui difusi pasif menyebabkan konsentrasi garam air laut yang diminum akan menurun ketika berada di lambung dan usus sehingga memudahkan penyerapan air oleh usus belakang dan rectum (proses osmoregulasi). 
  • Lambung berfungsi sebagai penampung makanan. Pada ikan yang tidak berlambung fungsi penampung makanan digantikan oleh usus depan yang dimodifikasi menjadi kantong yeng membesar. Pada ikan tak bergigi (biasanya herbivora) terdapat gizzard yang berfungsi untuk menggerus makanan. Seluruh permukaan lambung ditutupi oleh sel mucus yang mengandung mukopolisakarida yang agak asam berfungsi sebagai pelindung dinding lambung dri kerja asam klorida. Di bagian luar sel epitellium terdapat lapisan lendir sebagai hasil sekresi sel mucus tersebut. Sel-sel penghasil cairan gastric terletak di bagian bawah dari lapisan epitellium mensekresikan pepsin dan asam klorida. Berbeda dengan mamalia pada ikan pencernaan secara kimiawi dimulai di bagian lambung, bukan di bagian rongga mulut, karena ikan tidak memiliki kelenjar air liur.
  • Dari lambung, makanan masuk ke usus. 
  • Usus merupakan segmen yang terpanjang dari saluran penceraan. Pada bagian depan usus terdapat dua saluran yang masuk ke dalam yaitu saluran yang berasal dari kantung empedu dan yang berasal dari pankreas. Pankreas merupakan organ yang menghasilkan enzim pencernaan dan hormon insulin. Organ yang menghasilkan empedu dalam kantong empedu adalah hati.
  • Di usus bermuara cairan empedu yang membantu proses pencernaan terutama pencernaan lemak. Di usus halus, sari-sari makanan diserap dan selanjutnya diedarkan oleh darah ke seluruh bagian tubuh. 
  • Sisa-sisa makanan yang tidak diserap dikeluarkan melalui anus. 
(Sumber Damaruta.blogspot.com dari wandyle)
Powered by Blogger.