Aktivitas dan Perubahan Kehidupan Manusia dalam Bidang Sosial, Ekonomi, Pendidikan dan Budaya

Berikut ini contoh aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya.

1.    Sosial

Perubahan positif

Akvitias sosial kemanusiaan semakin mudah untuk dilaksanakan oleh masyarakat, misalnya dalam membantu benca alam, karena lebih mudahnya dan cepatnya informasi yang tersebar ke masyarakat, sehingga lebih membantu kehidupan masyarakat yang tertimpa musibah.
Perubahan negatif
Aktivitas sosial kemasyarakatan misalnya gotong-royong akan sedikit berkurang, kehidupan masyarakat menjadi lebih individual karena pengaruh pembangunan pemukiman misal perumahan, tempat kos, kontrakan sehingga berkurang jiwa gotong royongnya.

2.    Ekonomi
Perubahan positif
 
Aktivitas dalam mata pencaharian penduduk dan peningkatan kesejahteraan kehidupan masyarakatnya karena pembangunan sarana dan prasarana dan infrastruktur.
 

Perubahan negatif
Aktivitas keseharian dan pola hidup keseharian masyarakat menjadi konsumtif dengan pesatnya perberkembangan dunia periklanan melalui media massa dan televisi.
Aktivitas berbelanja dari belanja di pasar tradisional beralih ke pasar-pasar modern, pasar online karena pesatnya pertumbuhan pusat-pusat perbelanjaan dan teknologi modern.

3.    Pendidikan

Perubahan positif

Aktivitas pembelajaran masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa, semakin maju dan berkembang dari mencari bahan di buku-buku cetak, berubah melalui buku-buku digital dan internet. Hal ini lebih mendapatkan kemudahan. Pada akhirnya, tingkat pendidikan masyarakat dan pola kehidupan menuju taraf yang lebih baik.
 
Perubahan negatif
Aktivitas pencarian informasi, pengetahuan, berita lebih mudah di dapat sehingga rentan mendapatkan akses hal-hal yang negatif, sehingga dapat membahayakan moral dan etika dalam kehidupannya. Hal ini membutuhkan pengawasan dan filter orang tua serta diimbangi dengan pendidikan moral.

4.    Budaya
 
Perubahan Positif
  • Dengan mudahnya akses informasi, kebudayaan nasional lebih di kenal di masyarakat internasional, juga lebih mudah dalam mengenal kebudayaan-kebudayaan dari luar.
  • Perubahan kehidupan manusia zaman dahulu dengan zaman sekarang karena perkembangan teknologi, misalnya pada saat membatik dulu hanya menggunakan alat yang sederhana dengan teknik yang susah, sekarang dengan alat yang semakin baik dapat menghasilkan batik yg bagus.

Perubahan Negatif

  • Semakin tergesernya aktivitas berbudaya dan berkesenian daerah lokal internet menjadi terpengaruhi oleh budaya asing, dengan peningkatan teknologi dan dan mudahnya akses media penyiaran.

Dampak Perubahan Cuaca dan Iklim terhadap Kegiatan Masyarakat

Perubahan cuaca dan iklim di Indonesia sangat berpengaruh terhadap kegiatan masyarakat, misalnya :
  • musim penghujan ke musim kemarau berpengaruh terhadap kegiatan petani dalam bercocok tanam. 
  • perubahan suhu udara menjadi dingin pada musim penghujan berpengaruh terhadap cara berpakaian.
  • petani selalu memperhitungkan musim hujan untuk memulai menanam padi di sawah.
  • nelayan tidak dapat melaut karena kondisi cuaca yang buruk
  • dalam membangun rumah baru penduduk menyesuaikan dengan suhu udara saat ini.
Powered by Blogger.