Halaman 80 - Masyarakat Agraris

Carilah informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan berikut!
1.      Apakah ciri-ciri masyarakat agraris?
·         Bergantung kepada kegiatan ekonomi berasaskan kepada pertanian yaitu bercocok tanam dan beternak binatang sebagai sumber kehidupan mereka. Di samping itu mereka juga menjalani kegiatan sampingan yang lain seperti memunggut hasil hutan.
·         Mereka tinggal menetap di kawasan tanah pertanian yang subur dan sesuai untuk menjalankan kegiatan pertanian seperti menetap di sekitar kawasan lembah sungai yang mempunyai endapan tanah lahar yang subur.
·         Masyarakat agraris juga mempunyai kemahiran atau pengetahuan dalam membina sistem pengairan bagi tujuan mengairi kawasan pertanian mereka.
·         Masyarakat agraris juga mempunyai kemahiran dalam mencipta peralatan-peralatan baru bagi menjalankan kegiatan pertanian secara besar-besaran
2.      Apa saja komoditas pertanian yang dihasilkan masyarakat agraris?
Jenis-jenis tanaman utama ialah padi sawah, padi huma, ubi taro, dan keladi
Tanaman biji ialah gandum, barli, oat, kubis, kacang dan sebagainya
3.      Sebutkan paling sedikit tiga contoh dari setiap komoditas pertanian mulai dari perkebunan, peternakan, dan tanaman pangan.
·         Perkebunan: padi sawah, padi huma, ubi, gandum, kacang-kacangan, kelapa sawit, kapas, tembakau, buah-buahan, sayur-sayuran, teh dan kopi.
·         Peternakan: peternakan hewan besar (sapi, kuda, kerbau), peternakan hewan kecil (domba, kambing, kelinci), peternakan hewan unggas (ayam, bebek, angsa, burung puyuh)
·         Tanaman pangan: Padi, jagung, gandum, Kedelai, Ketela Pohon, Ubi Jalar, Kacang Tanah, Kacang Hijau.
4.      Sebutkan ciri-ciri masyarakat nelayan!
·         Bermukim di daerah pinggir pantai atau pesisir laut
·         Dari segi mata pencaharian. Nelayan adalah mereka yang segala aktivitasnya berkaitan dengan lingkungan laut dan pesisir. Atau mereka yang menjadikan perikanan sebagai mata pencaharian mereka.
·         Dari segi cara hidup. Komunitas nelayan adalah komunitas gotong royong. Seperti saat berlayar. Membangun rumah atau tanggul penahan gelombang di sekitar desa.
·         Dari segi ketrampilan. Meskipun pekerjaan nelayan adalah pekerjaan berat namun pada umumnya mereka hanya memiliki ketrampilan sederhana. Kebanyakan mereka bekerja sebagai nelayan adalah profesi yang diturunkan oleh orang tua. Bukan yang dipelajari secara professional.
5.      Apakah yang dimaksud dengan budidaya perikanan? Sebutkanlah contohnya!
Budidaya perikanan adalah usaha pemeliharaan dan pengembang biakan ikan atau organisme air lainnya. Contohnya ikan, kerang, udang, kepiting, teripang maupun tumbuhan air.
Powered by Blogger.