Halaman 13 - Meneliti dan Berkreasi

Mari Meneliti dan Berkreasi
Banyak tanaman di sekeliling kita, baik di sekitar rumah maupun sekolah. Tahukah kamu cara membedakan tanaman yang satu dari tanaman lainnya? Salah satunya melalui daun dan batangnya. Bagaimana bentuk daunnya? Apakah batangnya berkayu?
Booklet adalah buku berukuran kecil (setengah kuarto) dan tipis, tidak lebih dari 30 halaman bolak-balik, yang berisi tulisan dan gambar-gambar. Ada yang mengatakan bahwa istilah booklet berasal dari buku dan leaflet, artinya media booklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format (ukuran) kecil seperti leaflet. Struktur isinya seperti buku (ada pendahuluan, isi, penutup) hanya saja cara penyajian isinya jauh lebih singkat daripada sebuah buku. Sedangkan Buku Saku hampir sama denganbooklet, hanya saja berukuran lebih kecil hingga bisa dimaksukkan kedalam saku.
Mari kita mencoba mencari tahu lebih jauh.
Kamu akan membuat sebuah buklet tanaman dengan menggunakan beberapa lembar kertas ukuran A4 (21 cm × 29,7 cm) yang dilipat menjadi dua bagian.
Pilihlah sebuah tanaman yang dapat ditempelkan di dalam buklet.
Amatilah setiap bagian tanamanmu.
Cobalah mengisi tabel di bawah ini.
No.
Nama bagian
Fungsi
Bentuk
1.
Akar
·         Menyerap air dan zat hara (mineral) dari dalam tanah
·         Menunjang berdirinya tumbuhan
·         Sebagai alat pernapasan, contoh pada tumbuhan bakau
·         Sebagai penyimpan makanan cadangan. Contoh pada singkong dan wortel.

2.
Batang
·         Penopang tumbuhan agar tetap tegak
·         Pengangkut air dan mineral dari akar menuju daun
·         Penyimpan makanan cadangan (tebu dan kentang)
·         Pengangkut hasil fotosintesis.

3
Daun
·         Tempat pembuatan makanan (fotosintesis)
·         Untuk pernapasan karena di permukaan daun terdapat stomata
·         Tempat pengeluaran air melalui proses transpirasi dan gutasi. Transpirasi adalah proses kehilangan air dalam bentuk uap air dari jaringan tumbuhan melalui stomata. Gutasi adalah peristiwa pengeluaran air dalam bentuk titik air melalui lubang pengeluaran (hidatoda) yang terdapat di tepi daun

4.
Bunga
Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif (kawin). Pada bunga terdapat putik sebagai kelamin betina dan benang sari sebagai kelamin jantan.

Bentuk akar:
 
 Bentuk Batang


Bentuk Daun

Bentuk Bunga



Powered by Blogger.