Mengapa olahraga membantu peredaran darah menjadi lancar? (Hal. 79)

Mengapa olahraga membantu peredaran darah menjadi lancar?

Olahraga merupakan cara ampuh untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, karena:
 

a. Meningkatkan Kerja dan Fungsi Jantung 
Olahraga sangat baik untuk kesehatan karena dapat memacu kerja jantung sehingga peredaran darah menjadi lancar. Jantung kita dapat memompakan jumlah darah yang lebih
banyak dan berdenyut lebih lambat. Membuat jantung lebih kuat dan berdayaguna, jumlah darah yang dipompakan lebih banyak.

b. Pembuluh darah menjadi lentur 

Sistem peredaran darah menjadi baik, olahraga memperlancar aliran darah.  Pembuluh darah menjadi lentur dan lebih banyak yang membuka atau vasodilatasi.  Jantung menjadi lebih terlatih dan memompa darah menjadi lebih kuat, sehingga lebih banyak darah yang diedarkan ke seluruh tubuh.

c. Mencegah Penimbunan Lemak (Kolesterol) 


Olahraga teratur membantu mencegah naiknya gula darah agar tidak semakin tinggi. Selain itu, juga membuat tubuh memproduksi kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar trigliserida yang merugikan.  Kedua hal ini membuat darah mengalir lebih lancar dan mencegah timbulnya penyumbatan di pembuluh arteri.  Olahraga teratur juga mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe-2, osteoporosis, dan beberapa jenis kanker




Mengapa kolesterol menjadikan aliran darah tidak lancar?


Banyak orang yang mempunyai gaya hidup dan pola makan yang tak sehat, sehingga banyak orang yang menimbun kolesterol jahat atau LDL pada dinding pembuluh darah nadi yang dapat mengakibatkan aterosklerosis.

Bila kolesterol dalam tubuh seseorang mengendap pada dinding bagian dalam pembuluh darah, maka orang tersebut dapat dikatakan mengalami aterosklerosis. Bila dibiarkan endapan ini dapat membentuk plak. Mengakibatkan mengerasnya dinding pembuluh darah dan menjadikan aliran darah tidak lancar.

Akhirnya kerja jantung menjadi tidak maksimal untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh. pembuluh darah nadi otak dan ginjal juga dapat terserang aterosklerosis. Akibatnya sendiri bisa fatal apabila kondisi seperti ini dibiarkan, contohnya stroke, serangan jantung dan gagal ginjal.

Bagaimana Olahraga Membantu Menjaga Berat Badan?


Ketika berolahraga, kita membakar kalori.  Semakin intens aktivitas fisik itu, semakin banyak kalori yang dibakar, sehingga membantu menjaga berat badan.  Tidak harus menyediakan waktu khusus untuk membakar kalori.  Memilih naik tangga bukan lift, mencuci dan membereskan rumah dengan tangan, bukan dengan mesin juga membantu membakar kalori.
Lakukanlah secara rutin olahraga selama 30 menit dalam sehari, dalam seminggu minimal 3-4 kali. Tingkat frekuensinya bisa bertahap, misalnya mulai dari olahraga ringan seperti berjalan kaki. Dengan berjalan kaki sudah sangat cukup untuk membantu sirkulasi darah dan kesehatan jantung.

Apa Manfaat untuk Sistem Gerak dan Pernafasan?
 

Untuk sistem gerak, olahraga memperkuat tulang dan memperlambat keropos tulang atau osteoporosis.  Olahraga jelas memperkuat otot juga mencegah nyeri pinggang dan leher. 

Terhadap pernapasan, olahraga jelas membuat kita tidak gampang terengah-engah ketika melakukan aktivitas yang cukup berat, misalnya naik tangga atau jalan di jalan yang menanjak bukan merupakan hal yang sulit lagi.  Karena olahraga baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.

(damaruta dari rahmawati dan ifa)
Powered by Blogger.