Apakah Reklame Itu?

Apakah Pengertian Reklame?

Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clamos sedangkan dari bahasa latin Re dan Clame, Re artinya berulang-ulang sedangkan Clame atau Clamos artinya berteriak, sehingga secara bahasa Reklame adalah suatu teriakan/ seruan yang berulang-ulang.

Secara luas reklame bisa di artikan sebagai suatu kegiatan untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti isi reklame tersebut. Reklame dapat juga diartikan sebagai suatu sarana yang memiliki tujuan menjajakan produknya atau membuat barangnya laku di pasaran.

Secara khusus, arti reklame: sebagai alat propaganda untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau barang. 
Apakah Fungsi Reklame?
  • Memperkenalkan produk kepada masyarakat
  • Alat komunikasi.
Apakah Tujuan Membuat Reklame?
 
Tujuan reklame adalah untuk memperkenalkan hasil suatu produksi atau barang kepada masyarakat luas sehingga masyarakat telah mengenal dan berusaha untuk memiliki atau membeli barang atau produk tersebut.
 
Apakah syarat reklame agar menjadi yang baik?
 
Apakah syarat reklame agar dikatakan baik?
 
- Persuasif (mengajak) yaitu kegiatan reklame diharapkan dapat menarik dan mengajak masyarakat 
- Estatis (induk) Untuk dapat memvisualisasikan reklame dengan indah kita harus menerapkan beberapa unsur keindahan antara lain :
  • Keseimbangan (balance)
  • Harmonis
  • Irama (ritme)
  • Kontras (berlawanan)
  • Etis (sopan atau sesuai dengan norma)
  • Edukatif (mendidik)
Apakah 2 macam sifat-sifat reklame itu?
  • Komersil, tujuannya untuk mendatangkan keuntungan
  • Sosial, tujuannya untuk menerangkan, menyiapkan, menganjurkan (saran), permintaan kepada masyarakat.
Menurut pemasangannya dibagi menjadi 2, yaitu:
  • Reklame di dalam ruangan. Contohnya: TV, radio, kalender, jam dinding
  • Reklame di luar ruangan. Contohnya: papan reklame, poster, spanduk.
Macam-macam Reklame menurut peletakan medianya
  1. Reklame audio, adalah reklame yang hanya dapat dibuat dengan menggunakan suara. Contoh: radio.
  2. Reklame visual, adalah reklame yang dibuat melalui penglihatan atau yang dapat dilihat yang terdiri dari tulisan dan gambar. Contoh: papan reklame, poster, spanduk, majalah, slide.
  3. Reklame gabungan audiovisual, adalah reklame yang dapat dilihat dan didengar. Contoh: TV, bioskop.
Jenis-jenis reklame visual  
Reklame visual memiliki jenis yang bermacam-macam seperti:
  1. Iklan atau Advertensi. Iklan atau advertensi adalah jenis reklame visual yang berfungsi untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai barang atau jasa yang dicetak di media massa seperti surat kabar dan majalah.
  2. Poster. Poster adalah jenis reklame visual, berbentuk gambar dan tuliasan yang berukuran agak besar sehingga memudahkan untuk dibaca pesan reklamenya. Poster biasanya dipasang di tempat umum yang mudah dilihat orang.
  3. Baliho. Baliho adalah jenis reklame visual yang berukuran sangat besar dengan tujuan agar lebih menarik perhatian masyarakat. Baliho biasanya dipasang di tempat yang ramai.
  4. Spanduk. Spanduk adalah jenis reklame visual terbuat dari kain yang memanjang, dipasang melintang di atas jalan atau diantara dua tiang. Spanduk dapat berisi informasi atau pemberitahuan, himbauan, ajakan, atau propaganda hasil produk.
  5. Embalase. Embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan. Kemasan suatu produk mempunyai dua fungsi: sebagai pembungkus atau pelindung barang produk dan sebagai daya tarik dan pemberitahuan kepada konsumen.
  6. Etiket atau Label. Etiket atau Label adalah jenis reklame visual yang umumnya terbuat dari kertas berukuran kecil dan biasanya ditempelkan pada tube atau kemasan produk seperti vitamin, obat-obatan dan lain-lain. Etiket berisi tentang keterangan atau identitas produk tersebut.
  7. Pamflet. Pamflet adalah jenis reklame visual yang berbentuk gambar dan tulisan pada lembar kertas berukuran relatif kecil, disebarkan melalui pesawat terbang atau kendaraan darat dan diberikan kepada setiap orang yang lewat. Pamflet pada umumnya berisi informasi tentang suatu kegiatan, hiburan dan lain-lain.
  8. Plakat. Plakat adalah jenis reklame visual, bentuknya seperti poster tetapi ukurannya lebih kecil. Plakat biasanya dipasang atau ditempel pada dinding-dinding, pagar beton, pohon dan sebagainya.
  9. Booklet. Booklet adalah jenis reklame visual yang berbentuk buku kecil dangan jumlah halaman lebih dari dua halaman atau berupa lembaran panjang yang dilipat-lipat. Booklet dapat berisi informasi tentang suatu kegiatan pameran karya seni rupa, pendaftaran ke suatu lembaga pendidikan atau informasi lamaran pekerjaan dan sebagainya.
  10. Papan Nama. Papan nama adalah jenis reklame visual terbuat dari papan kayu, lembaran logam seperti seng atau aluminium, atau bahan keras lainnya, yang pada umumnya bertuliskan nama instansi atau perusahaan, alamat, logo dan sebagainya. Papan nama biasanya dipasang di depan kantor/instansi atau perusahaan.
  11. Mobile. Mobile adalah jenis reklame visual yang dipasang dengan cara digantungkan sehingga mudah bergerak bila tertiup angin atau sengaja digerakkan tenaga listrik atau mesin.
  12. Neon Box. Neon Box adalah jenis reklame visual yang terbuat dari sinar lampu yang tersusun berwarna-warni.
Bagaimana bentuk reklame visual yang baik itu?
  1. Gambar reklame harus sesuai dengan barang yang direklamekan
  2. Reklame tidak boleh bohong
  3. Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
  4. Warna harus bagus, menyolok atau kontras.
 
Powered by Blogger.